Sukses

Bungkam Tampines, Persija Juara Grup H AFC Cup 2018

Persija meraup 13 poin dari enam pertandingan Grup H AFC Cup 2018.

Liputan6.com, Singapura - Persija Jakarta menggengam satu tiket untuk bersaing di semifinal Zona Asean AFC Cup 2018. Macan Kemayoran meraihnya setelah mengalahkan Tampines Rovers 4-2 di Jalan Besar Stadium, Selasa (24/4/2018).

Riko Simanjuntak tampil sebagai pahlawan Persija. Mantan pemain Semen Padang itu mengemas tiga assist dari empat gol yang diciptakan tim tamu. Berkat kontribusinya, Persija pun berhak jadi penguasa Grup H AFC Cup dengan 13 poin dari enam laga.

Persija sudah mendapatkan peluang di menit ketiga. Pemain belakang Tampines nyaris blunder saat melakukan backpass kepada kiper Muhammad Haikal Hasnol. Tapi, saat Marko Simic mengejar bola, Haikal sudah lebih dulu melakukan sapuan.

Tuan rumah memang unggul dalam penguasaan bola hingga laga memasuki menit ketujuh. Tapi mereka tak kunjung mampu menembus lini belakang Persija. Di kubu Persija, mereka masih mencoba memainkan bola-bola panjang.

Hadiah tendangan bebas didapat Persija di menit ke-11 di sisi kanan pertahanan Tampines menyusul pelanggaran terhadap Marko Simic. Eksekusi Rezaldi Hehanusa pun sempat menciptakan kemelut yang belum bisa dimaksimalkan Rohit Chand.

Di menit ke-14, Persija nyaris unggul lewat aksi Simic. Sayang, tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti masih melenceng tipis ke sisi kanan gawang Tampines. Setelah itu, tempo permainan sedikit melambat karena keduanya tampak bermain lebih hati-hati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saling Balas Gol

Tim Macan Kemayoran akhirnya memecahkan kebuntuan di menit ke-23. Berawal dari umpan Riko Simanjuntak, Rezaldi yang berdiri bebas dengan mudah mencatatkan namanya di papan skor. Sayang, keunggulan tim tamu tak bertahan lama.

Tampines sukses menyamakan skor di menit ke-27. Dari sepak pojok yang dilepaskan Muhammad Yasir Hanapi, Jordan Webb sukses mencetak gol penyeimbang lewat tandukannya. Empat menit kemudian, Webb nyaris mencetak gol kedua andai kiper kiper Persija, Andritany Ardhiyasa tak melakukan penyelamatan penting.

Pelatih Persija, Stefano 'Teco' Cugurra harus melakukan pergantian pemain di menit ke-34. Jaimerson da Silva yang cedera ditarik dan digantikan Gunawan Dwi Cahyo. Di menit ke-39, Andritany kembali dipaksa melakukan penyelamatan hebat saat menepis tendangan Ryutaro Megumi.

Semenit kemudian, hadiah tendangan bebas didapat Persija menyusul pelanggaran Mohamad Irfan kepada Riko. Meski mendapatkan jarak yang ideal, Simic yang jadi eksekutor belum mampu mencetak gol. Di menit ke-45+1, Persija akhirnya mencetak gol keduanya.

Lagi, manuver Riko jadi petaka buat pertahanan Tampines. Lewat kecepatannya, ia pun mengirimkan umpan yang mudah dikonversi Simic jadi gol. Babak pertama ditutup dengan keunggulan Persija 2-1.

 

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Unggul 2-1 membuat Persija percaya diri menjalani babak kedua. Di menit ke-48, mereka sudah menggebrak lewat tendangan keras Simic yang masih ditepis kiper Haikal. Di menit yang sama, giliran Riko yang melakukan percobaan lewat tendangan mendatar.

Di menit ke-51, Persija memperlebar keunggulan lewat skema serangan balik. Riko yang kembali memberikan petaka buat Tampines. Menggiring bola dari tengah lapangan, ia pun memberikan umpan yang dengan mudah dimaksimalkan Novri Setiawan.

Di menit ke-55, Persija nyaris menambah keunggulan jadi 4-1. Kiper Haikal melakukan kesalahan saat akan mengecoh Simic. Bola sempat disambar Simic, tapi gagal membuahkan gol.

Tertinggal 1-3 membuat Tampines kehilangan gairah permainan. Meski sedikit unggul dalam penguasaan bola, tim besutan Jurgen Raab itu terlihat tak mau menciptakan kreativitas untuk menekan pertahanan Persija.

Di kubu Persija, mereka juga tak berniat untuk menambah keunggulan. Indikasinya adalah ditariknya Simic dan digantikan dengan Addison Alves di menit ke-63. Simic sengaja diistirahatkan buat laga melawan Persib Bandung, akhir pekan ini.

Justru Persija yang kembali memperbesar keunggulan di menit ke-72. Addison yang baru masuk memperlihatkan skill individu memukau yang diakhiri dengan menjebol gawang Tampines. Keunggulan 4-1 jelas membuat Persija semakin di atas angin.

Tuan rumah baru bisa kembali memperkecil ketertinggalan di menit ke-80. Fazrul Nawaz yang baru masuk menggantikan Mustafix Fahrudin menyambut umpan Khairul Amri lewat tandukannya. Sayang, itu jadi gol terakhir yang diciptakan Tampines. Hingga akhir laga, keunggulan 4-2 Persija tak berubah.

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Tampines Rovers: Haikal Hasnol; Mohamad Irfan Najeeb (Afiq Yunos 78), Danniel Bennett, Mustafic Fahrudin (Fazrul Nawaz 64), Muhammad Amirul, Irwan Shah (Zulfadhmi Suzliman 78); Ryutaro Megumi, Jordan Webb, Muhammad Shamer, Muhammad Yasir; Khairul Amri

Pelatih: Jurgen Raab

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Rezaldi Hehanussa, Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier (Gunawan Dwi Cahyo 34), Ismed Sofyan; Sandi Sute (Alua Septianus 77), Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu; Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Marko Simic (Addison Alves 63)

Pelatih: Stefano 'Teco' Cugurra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.