Sukses

4 Pemain Terbaik Pekan Kelima Liga 1 2018

Keempat pemain ini jadi aktor utama di balik kemenangan timnya di pekan kelima Liga 1 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan kelima Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak baru saja berakhir. Dari sembilan pertandingan, hanya dua laga yang berakhir dengan hasil imbang. Selain itu, pekan kelima juga menghasilkan 31 gol.

Pada pekan kelima Liga 1 2018, Persipura Jayapura masih menyandang status sebagai penguasa klasemen. Mereka melanjutkan tren positif dengan menghantam Mitra Kukar 2-1 di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (21/4/2018).

Meski sudah tiga pekan menguasai klasemen, posisi Persipura juga belum benar-benar aman. Itu karena jarak antartim di klasemen saat ini masih begitu rapat. Artinya, sewaktu-waktu tim besutan Peter Butler itu masih berpotensi tergusur.

Di sisi lain, ada beberapa pemain yang menunjukkan kualitasnya sepanjang pekan kelima Liga 1 2018. Liputan6.com coba merangkum empat pemain yang bersinar di pekan kelima. Kontribusi keempat pemain ini membawa timnya meraih hasil maksimal. Berikut daftarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Riko Simanjuntak

Selain Marko Simic, Riko adalah rekrutan paling sukses yang dilakukan Persija Jakarta di Liga 1 2018. Mantan pemain Semen Padang FC itu seakan tak butuh waktu untuk menyatu dengan skema permainan yang diinginkan pelatih Stefano 'Teco' Cugurra.

Keunggulannya adalah kecepatan. Pergerakan dengan atau tanpa bolanya benar-benar merepotkan pemain lawan. Itulah yang diperlihatkan Riko saat Persija melawat ke markas PSIS Semarang di Stadion Sultan Agung, Jumat (20/4/2018).

Awalnya, Persija begitu kesulitan menjebol gawang PSIS kawalan Aji Bayu Putra. Mereka harus menunggu hingga menit ke-69 untuk memecahkan kebuntuan lewat aksi Jaimerson da Silva. Dan gol itu tak lepas dari kreasi Riko yang jadi eksekutor tendangan bebas di depan kotak penalti PSIS.

Setelah gol Jaime yang juga berkat assist Riko, Persija pun sukses menambah tiga go. Gol kedua tim Macan Kemayoran juga tak lepas dari kontribusi Riko. Bola sepakannya memaksa Safrudin Tahar mencetak gol bunuh diri.

Lalu, gol ketiga juga berawal dari aksi Riko di sisi kanan pertahanan PSIS. Ia melakukan manuver hingga memudahkan Simic untuk mencetak gol. Pada akhirnya, Persija mengakhiri laga dengan kemenangan 4-1.

 

3 dari 5 halaman

2. Ian Louis Kabes

Persipura sukses mempertahankan statusnya sebagai salah satu dari dua tim yang belum menelan kekalahan hingga pekan kelima Liga 1. Sukses kali ini didapat berkat kemenangan 2-1 atas Kukar di Stadion Mandala.

Pahlawan kemenangan tim Mutiara Hitam adalah Ian Louis Kabes. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak gol pembuka di menit ke-12. Lalu, ia juga memberikan assist buat gol Marcel Sacramento di menit ke-19 lewat eksekusi sepak pojok.

Khusus gol pembuka, Ian Louis Kabes sukses mencetak gol ke-100 di Liga 1 2018. Catatan lain dari dirinya adalah jadi pemain pertama yang mencatat assist di tiga laga beruntun Liga 1 2018.

 

4 dari 5 halaman

3. Ezechiel N'Douassel

Persib Bandung sukses meraih kemenangan keduanya di musim ini. Sukses itu juga berkat aksi memukau Ezechiel. Kemenangan 3-1 Persib atas Borneo FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (21/4/2018), berkat sumbangsih dua golnya.

Gol pertama dibukukan Ezechiel di menit kesembilan usai meneruskan crossing Ghozali Siregar dengan tandukannya. Lalu, ia mencetak gol kedua di menit ke-68 setelah memaksimalkan umpan Febri Hariyadi yang kembali lewat tandukannya.

Jika dihitung sejak pekan pertama, sudah enam gol yang dilesakkan pemain berusia 30 tahun tersebut. Hanya satu laga di mana Ezechiel gagal mencetak gol. Kini ia pun memimpin daftar top scorer Liga 1 2018.

 

5 dari 5 halaman

4. Stefano Lilipaly

Setelah tiga laga hanya bermain imbang, Bali United akhirnya kembali meraih kemenangan. Momen itu didapat saat mereka menjamu Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (22/4/2018).

Pahlawan kemenangan Serdadu Tridatu adalah Lilipaly. Pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan 2-0 Bali United. Aksi pertamanya pun mengundang decak kagum.

Ia memperlihatkan kecerdasannya sebagai gelandang serang. Saat menguasai bola di dalam kotak penalti, ia melihat kiper Barito, Aditya Harlan sedikit maju dari gawangnya. Lalu, ia pun mencungkil bola dan mengarahkannya ke pojok kiri gawang Barito.

Untuk aksi kedua, ia memberikan umpan matang yang dimaksimalkan Yandi Sofyan dengan mudah di menit ke-90+1. Berkat kontribusi Lilipaly, kini Bali United menempati posisi keempat klasemen dengan selisih dua poin dari Persipura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.