Sukses

Marquez Ubah Strategi demi Podium MotoGP Austin

Marc Marquez berhasil menjuarai MotoGP Austin yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA).

Liputan6.com, Austin - Marc Marquez keluar sebagai juara pada MotoGP Austin yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Senin WIB, 22 April 2018. Pada balapan ini, untuk kali pertama pembalap yang dijuluki The Baby Alien itu mengubah strateginya untuk mencapai garis finis. 

Marquez meraih enam kemenangan beruntun di MotoGP Austin. Namun, tidak mudah bagi pembalap asal Spanyol itu untuk meraihnya. Sebab, sebelum balapan, Marquez merasakan tekanan yang luar biasa sebagai imbas dari insiden yang berlangsung di MotoGP Argentina. 

Saat itu, Marquez terbukti bersalah menyenggol pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Belum juga selesai masalahnya, The Baby Alien justru membuat ulah lagi dengan menutupi laju Maverick Vinales pada sesi kualifikasi jelang berlangsungnya GP Austin.

Sejatinya Marquez berhasil merebut pole position di Austin. Namun, lantaran ulahnya yang menutupi laju Vinales di kualifikasi, Marquez kena penalti turun ke peringkat keempat.

Terlepas dari drama yang terjadi, pemilik nomor 93 itu mampu menjawab kritikan penggemar dengan prestasi yang membanggakan. Total, 10 kemenangan berhasil dikantongi Marquez selama mengaspal di Negeri Paman Sam (enam di Austin dan empat di Indianapolis).

"Saya ingin bersuara di trek dan saya melakukannya," kata Marquez dikutip GPOne, Selasa (24/4/2018). 

"Akhir pekan ini saya merasakan lebih banyak dan juga motivasi, tetapi saya merasa baik. Setelah semua yang terjadi, untuk pertama kalinya saya putuskan mengubah strategi. Saya tidak berpikir saya pernah mengikuti perlombaan seperti ini di MotoGP."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Sabar

Marquez mengaku lebih bersabar menghadapi MotoGP Austin. Marquez menahan diri untuk segera melakukan tekanan terhadap pembalap yang berada di depannya.  

"Biasanya saya menunggu dan menyerang di lap terakhir, tapi kali ini saya mendorong dari awal dan berhasil lolos dengan menempati barisan terdepan," kata Marquez.

Marquez menjelaskan semua rencana itu sudah dipersiapkan dengan sangat hati-hati, sehingga dalam pemanasan, dia mencoba mendorong sejak awal.

"Saya tahu bisa berada di barisan terdepan saat memulai balapan dari posisi keempat dan saya mencoba untuk menghilangkan beban terkait penalti ini. Saya mendorong 90% di lap awal dan kemudian, setelah memperlebar celah sedikit, saya mengatur balapan. Satu-satunya aspek yang tidak saya sukai adalah sendirian untuk waktu yang sangat lama." 

(David Permana)

3 dari 3 halaman

Klasemen MotoGP

Klasemen MotoGP 2018

1. Andrea Dovizioso: 46

2. Marc Marquez: 45

3. Maverick Vinales: 41

4. Cal Crutchlow: 38

5. Johann Zarco: 38

6. Andrea Iannone: 31

7. Valentino Rossi: 29

8. Jack Miller: 26

9. Esteve Rabat: 22

10. Danilo Petrucci: 21

11. Dani Pedrosa: 18

12. Alex Rins: 16

13. Hafizh Syahrin: 9

14. Pol Espargaro: 8

15. Aleix Espargaro: 6

16. Jorge Lorenzo: 6

17. Franco Morbidelli: 6

18. Takaaki Nakagami: 5

19. Scott Redding: 4

20. Alvaro Bautista: 4

21. Karel Abraham: 1

22. Thomas Luthi: 0

23. Bradley Smith: 0

24. Xavier Simeon: 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.