Sukses

FIFA Beri Sanksi PSSI Tepat di Hari Ulang Tahun

PSSI dianggap lalai mengurangi jumlah poin enam klub.

Liputan6.com, Jakarta Federasi sepak bola dunia, FIFA, merilis hasil Sidang Komisi Disiplin (Komdis) pada Kamis (19/4/2018). Salah satu poin keputusan ialah memberikan hukuman kepada PSSI.

FIFA menganggap PSSI lalai karena tidak mengurangi poin enam klub anggotanya. Meski begitu, FIFA tidak merinci identitas keenam klub tersebut.

Hukuman FIFA kepada PSSI bukan berupa sanksi berat yang berpotensi membuat kompetisi sepak bola di Indonesia kembali terhenti. Asosiasi sepak bola Indonesia yang tengah berulang tahun ke-88 pada hari ini hanya diharuskan membayar uang sebesar 30.000 franc Swiss (CHF) atau sekitar Rp 427 juta.

"Sebagai tambahan, PSSI dikenai sanksi sebesar 30 ribu CHF karena tidak mengurangi poin enam klub yang mana sebelumnya telah diputuskan oleh Komdis FIFA," tulis FIFA dalam situs resminya.

"(PSSI) bersalah karena melanggar Pasal 64 Kode Disiplin FIFA (tidak mematuhi keputusan FIFA)," lanjut pernyataan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sanksi Lainnya

Sidang Komdis FIFA juga melahirkan enam keputusan, di luar sanksi kepada PSSI. FIFA menjatuhkan hukuman kepada dua klub Liga Portugal dan Spanyol berupa uang denda.

Sporting Lisbon dan Benfica didenda masing-masing 110.00 CHF (Rp 1,5 miliar) dan 150.000 CHF (Rp 2,1 m). Itu karena kedua klub memperbolehkan pihak ketiga campur tangan serta memiliki hak atas kontrak para pemainnya.

Sementara itu, Rayo Vallecano dan Celta Vigo juga dikenai denda masing-masing 55.000 CHF (Rp 783 juta) dan 65.000 CHF (Rp 925 juta). Keduanya mengalami masalah yang serupa dengan Sporting Lisbon dan Benfica.

3 dari 3 halaman

Sanksi untuk PSSI

Pengumuman hasil sidang Komdis FIFA tidak merinci kesalahan PSSI yang berujung hukuman denda. FIFA juga tidak menjelaskan enam klub yang seharusnya mendapat pengurangan poin dari PSSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.