Sukses

Pertama Kali dalam 16 Tahun, Lulusan La Masia Tidak Jadi Starter Barcelona

Momen ini terjadi saat Barcelona menghadapi Celta Vigo.

Liputan6.com, Vigo - Sejarah tercipta saat Celta Vigo menjamu Barcelona di Balaidos, Selasa (17/4/2018) atau Rabu (18/4/2018) WIB. Untuk pertama kali dalam 16 tahun pemain lulusan akademi El Azulgrana tidak masuk tim utama.

Starting eleven Barcelona di laga ini adalah Marc-Andre ter Stegen, Nelson Semedo, Thomas Vermaelen, Yerry Mina, Lucas Digne, Paulinho, Andre Gomes, Denis Suarez, Ousmane Dembele, Paco Alcacer, dan Philippe Coutinho.

Sementara tiga pemain La Masia berstatus pengganti. Lionel Messi dan Sergi Roberto baru masuk di menit ke-60, menyusul Aleix Vidal 18 menit berselang.

Jordi Alba tetap duduk di bangku cadangan. Sedangkan Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta tidak masuk skuat pertandingan.

Pelatih Ernesto Valverde menyebut rotasi sebagai alasan di balik keputusannya mengakhiri tradisi bagus klub. Barcelona dijadwalkan menghadapi Sevilla di final Copa del Rey, Sabtu (21/4/2018). " Mempertimbangkan apa yang ada di depan, kami harus mengambil keputusan ini,” kata Valverde.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejak 2002

Terakhir kali Barcelona tidak menurunkan pemain akademi sebagai starter terjadi pada 6 April 2002, tepatnya ketika menghadapi Athletic Bilbao.

Kala itu, El Azulgrana diperkuat Roberto Bonano, Michael Reiziger, Philippe Christanval, Abelardo Fernandez, Francesco Coco, Fabio Rochemback, Phillip Cocu, Luis Enrique, Rivaldo, Javier Saviola, dan Marc Overmars.

3 dari 3 halaman

Persaingan Ketat

Reputasi akademi Barcelona menjulang menyusul kesuksesan tim dalam satu dekade terakhir. La Masia melahirkan banyak pemain berkualitas. 

Hanya beberapa yang promosi ke tim utama. Sementara mayoritas mencari waktu bermain di klub lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.