Alasan Valverde Tak Mainkan La Masia di Laga Celta Vigo Vs Barcelona

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 18 Apr 2018, 14:45 WIB
Diperbarui 20 Apr 2018, 14:13 WIB
Barcelona, Celta Vigo, La Liga

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menjelaskan soal tidak adanya pemain akademi Barcelona yang menjadi starter saat melawan Celta Vigo. Barcelona akhirnya hanya mampu bermain imbang 2-2 dalam lanjutan Liga Spanyol di Estadio Balaidos, Rabu dini hari WIB (18/4/2018).

Barcelona memulai pertandingan di kandang Vigo tanpa pemain dari La Masia untuk pertama kalinya dalam 16 tahun.

“Di lain waktu kami datang ke sini, di Copa, kami juga membuat banyak perubahan, tetapi minggu ini, dengan mempertimbangkan apa yang ada di depan, kami harus mengambil mereka,” kata Valverde.

“Saya tidak senang dengan hasil ini karena kami selalu ingin menang, tetapi kami juga cukup puas dengan itu. Kami mengendalikan permainan saat skor 2-1, tetapi kemudian kartu merah menghempaskan kami," ujarnya.

Dalam laga itu, Barcelona harus bermain dengan 10 pemain. Itu setelah Sergi Roberto mendapatkan kartu merah langsung pada menit ke-72 setelah menarik badan Iago Aspas yang sudah tinggal berhadapan dengan Ter Stegen.

Keunggulan jumlah pemain tersebut benar-benar dimaksimalkan Celta Vigo untuk mencari gol kedua. Hasilnya, 10 menit setelah kartu merah dikeluarkan oleh wasit, Celta Vigo membuat kedudukan menjadi imbang 2-2 melalui Iago Aspas.

2 dari 3 halaman

Butuh 2 Kemenangan

Barcelona, Celta Vigo, La Liga
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, memberi arahan kepada anak asuhnya saat melawan Celta Vigo pada laga La Liga di Stadion Balaidos, Rabu (18/4/2018). Celta Vigo bermain imbang 2-2 dengan Barcelona. (AP/Lalo R. Villar)

Menanggapi hasil tersebut, Valverde tetap merasa senang. Pasalnya, raihan poin mereka makin mendekati raihan juara.

“Pada akhirnya kami harus menderita, tetapi itu satu poin lagi bagi kami dan kami hanya butuh dua kemenangan lagi untuk menjadi juara," katanya.

3 dari 3 halaman

Final Copa del Rey

Barcelona, Celta Vigo, La Liga
Pemain Barcelona, Lionel Messi, Nelson Semedo dan Ousmane Dembele, merayakan gol ke gawang Celta Vigo pada laga La Liga di Stadion Balaidos, Rabu (18/4/2018). Celta Vigo bermain imbang 2-2 dengan Barcelona. (AP/Lalo R. Villar)

Valverde kemudian melihat pertandingan final Copa del Rey, Sabtu depan melawan Sevilla. Laga ini kemungkinan akan dibayang-bayangi sikap fans Barca yang mungkin tidak menyanyikan lagu kebangsaan Spanyol.

"Kami selalu menghormati semua orang," tukas mantan bos Athletic Bilbao itu.

“Setiap orang punya hak untuk mengekspresikan diri dengan bebas. Tanda ‘Senyera’ di baju para pemain? Yang saya minta adalah kita cukup bisa dikenali untuk bisa mengoper bola ke satu sama lain dan tidak memberikannya kepada lawan kita.”

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Penampakan Mobil Baru Cristiano Ronaldo Senilai Rp 145 Miliar