Tata Cara Undian Liga Champions: Shevchenko Jadi Penentu

Oleh Luthfie Febrianto pada 13 Apr 2018, 13:30 WIB
Logo Liga Champions

Liputan6.com, Nyon - Pengundian babak semifinal Liga Champions akan berlangsung pada Jumat (13/4/2018) hari ini. Empat tim semifinalis, yakni Real Madrid, Bayern Munchen, AS Roma, dan Liverpool akan saling menunggu lawan mereka masing-masing.

Pengundian semifinal Liga Champions akan dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss. Tak ada tim yang berstatus unggulan dibanding satu dan lainnya.

Pada undian musim 2016/2017 perwakilan dari keempat tim semifinalis akan lebih dulu maju ke panggung. Masing-masing dari mereka akan memberikan sambutan atas keberhasilan masuk ke semifinal Liga Champions.

Tahun lalu, Real Madrid diwakili oleh direktur sepak bola mereka, Emilio Butragueno. Dalam sambutannya, Butragueno menyanjung kualitas tiga tim semifinalis lain, yakni Juventus, AS Monaco, dan Atletico Madrid.

Wakil Sekretaris Jenderal UEFA, Giorgio Marchetti, menjadi pemandu acara pengundian babak semifinalis. Legenda Liverpool, Ian Rush, menemani Marchetti untuk mengambil empat bola berisi nama empat tim semifinalis.

Rush dipilih lantaran final digelar di Wales. Seperti diketahui, Rush adalah salah satu legenda sepak bola Wales dan pemenang trofi Liga Champions musim 1983/1984 bersama Liverpool.

Pada musim ini, final akan digelar di Kiev, Ukraina. Oleh karena itu, legenda timnas Ukraina dan AC Milan, Andriy Shevchenko, dipilih untuk mengambil undian.

 

 

2 of 3

Dua Mangkuk Enam Bola

Liga Champions, Cristisno Ronaldo, Real Madrid
Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi bersama Jesus Vallejo usai mencetak gol ke gawang Juventus pada laga Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (11/4/2018). Real Madrid takluk 1-3 dari Juventus. (AFP/Oscar Del Pozo)

Undian sendiri akan dilakukan dengan memanfaatkan dua wadah serupa mangkuk. Wadah pertama berisi empat tim semifinalis. Sementara, wadah kedua berisi dua bola, yang akan menentukan status kandang tandang pada partai final.

Sebelum diambil, keempat bola diacak lebih dulu. Bola pertama yang keluar akan memainkan leg pertama dengan status tim kandang. Prosedur yang sama akan diulangi untuk partai semifinal kedua.

Musim lalu, bola pertama yang keluar adalah Real Madrid. Los Galacticos memainkan partai semifinal melawan rival sekotanya, Atletico Madrid. Partai leg pertama berlangsung di Santiago Bernabeu.

Untuk semifinal kedua, AS Monaco menjadi tuan rumah leg pertama sebelum ganti mengunjungi Juventus Stadium untuk leg kedua. Partai final musim lalu pada akhirnya mempertemukan Juventus vs Real Madrid.

3 of 3

Undian Final

Di sisi lain, dua bola pada mangkuk kedua menentukan status kandang tandang untuk laga final. Masing-masing bola bertuliskan tim pemenang pada dua laga semifinal.

Di musim lalu, Juventus berstatus sebagai tim kandang di partai final. Oleh karena itu, mereka memakai jersey utama, sementara Real Madrid memakai jersey kedua.

Lanjutkan Membaca ↓