Sukses

5 Tim Kejutan yang Menembus Semifinal Liga Champions

Berikut ini adalah lima klub kejutan yang mampu melaju ke semifinal Liga Champions.

Jakarta - AS Roma tampil mengejutkan dengan lolos ke semifinal Liga Champions 2017-2018. I Giallorossi mengulangi sejarah beberapa tim kuda hitam yang melaju ke babak empat besar.

AS Roma lolos ke semifinal setelah menyingkirkan klub unggulan, Barcelona, secara dramatis. Kalah 1-4 di markas Blaugrana, Edin Dzeko dan kawan-kawan menang 3-0 di hadapan pendukung sendiri.

Hasil tersebut memang membuat skor agregat menjadi 4-4. Namun, AS Roma lolos berkat gol Edin Dzeko di Camp Nou pada pertandingan leg pertama.

Di antara keempat semifinalis, AS Roma merupakan kesebelasan yang memiliki pengalaman paling minim di Eropa. I Lupi belum pernah merengkuh trofi Liga Champions.

Bandingkan dengan tiga klub pesaingnya. Liverpool dan Bayern Munchen sama-sama lima kali menjadi juara Liga Champions, sedangkan Real Madrid meraih 12 trofi.

Selain AS Roma, sejumlah kesebelasan secara mengejutkan mampu lolos hingga semifinal Liga Champions. Bahkan, satu di antaranya mampu menjadi juara.

Berikut ini adalah lima klub kejutan yang mampu melaju ke babak empat besar Liga Champions:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Panathinaikos (1995-1996)

Panathinaikos mencatatkan sejarah menjadi kesebelasan Yunani pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang mampu melaju ke semifinal Liga Champions. Mereka menyingkirkan FC Porto yang pernah dua kali menjadi juara.

Krzysztof Warzycha menjadi andalan Panathinaikos pada musim 1995-1996. Namun, mereka harus menghadapi juara bertahan, Ajax Amsterdam di semifinal.

Sejatinya, mereka bisa memenangi pertandingan leg pertama di kandang Ajax berkat gol Warzycha. Namun, mereka justru takluk 0-3 ketika bermain di hadapan pendukung sendiri.

 

3 dari 6 halaman

Borussia Dortmund (1996-1997)

Sejak Ottmar Hitzfeld mengambil alih posisi pelatih Borussia Dortmund pada 1991, prestasi Die Borussen membaik. Puncaknya, mereka lolos ke semifinal Liga Champions 1996-1997.

Di babak empat besar, mereka bersua Manchester United asuhan Sir Alex Ferguson. Kapten Matthias Sammer sukses memimpin rekan-rekannya lolos ke final dengan agregat 2-0.

Tidak berhenti di situ, Dortmund keluar sebagai juara meski menghadapi tim juara bertahan, Juventus. Die Borussen menang 3-1 atas Alessandro Del Piero dan kawan-kawan.

 

4 dari 6 halaman

Dynamo Kiev (1998-1999)

Dynamo Kiev secara mengejutkan lolos ke semifinal Liga Champions 1998-1999 dengan meyakinkan. Kiev menyingkirkan Arsenal di fase grup dan juara bertahan, Real Madrid, pada perempat final.

Pada babak empat besar, Kiev kembali bersua dengan lawan kuat, Bayern Munchen. Saat itu, Andriy Shevchenko muda mampu mencetak dua gol ke gawang Bayern Munchen.

Akan tetapi, Kiev gagal melaju ke partai puncak. Mereka tersingkir dengan skor agregat 3-4 setelah takluk lewat gol Mario Basler di markas Bayern Munchen.

 

5 dari 6 halaman

Leeds United (2000-2001)

Di bawah pimpinan George Graham, Leeds United menjelma menjadi kekuatan baru di Inggris. Namun, Leeds belum punya pengalaman di Liga Champions.

Hasilnya, kesuksesan Leeds melaju ke semifinal menjadi kejutan pencinta sepak bola. Namun, petualangan The Whites di Liga Champions berhenti pada babak empat besar.

Leeds takluk 0-3 dari sesama tim kejutan, Valencia. Dua gol Juan Sanchez dan Gaizka Mendieta tidak dapat diadang oleh kiper Leeds saat itu, Nigel Martyn.

 

6 dari 6 halaman

Deportivo La Coruna (2003-2004)

Deportivo La Coruna menjadi sensasi sepak bola Spanyol pada awal 2000-an. Bahkan, mereka sempat menjadi juara La Liga pada musim 1999-2000.

Kekuatan Deportivo baru terbukti di Eropa pada musim 2003-2004. Saat itu, Super Depor menyingkirkan dua finalis musim sebelumnya, AC Milan dan Juventus.

Meski begitu, Deportivo justru tersingkir di semifinal oleh FC Porto. Bermain 0-0 pada leg pertama, eksekusi Derlei pada leg kedua membuat mereka terpaksa mengubur mimpi lolos ke final Liga Champions.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.