Sukses

Dorong Masyarakat Bike to Work, Menpora Canangkan Rabu Bersepeda

Kementerian Pemuda dan Olahara (Kemenpora) menggelar kegiatan "Gowes Bersama Jajaran Keluarga Besar Kemenpora".

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mengajak masyarakat memiliki pola hidup sehat yakni bike to work serta menyambut gelaran akbar Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar kegiatan "Gowes Bersama Jajaran Keluarga Besar Kemenpora".

Kegiatan gowes atau bersepeda ini dipimpin langsung oleh Menpora Imam Nahrawi dengan rute dari halaman depan  Kemenpora menuju kawasan heritage Gelora Bung Karno.

"Kami memilih olahraga yang paling ringan yang bisa diadaptasi oleh semua kelompok usia dengan bersepeda," kata Menpora Imam Nahrawi usai Gowes di kawasan Gelora Bung Karno, Rabu (11/4) pagi.

Dijelaskan oleh Menpora, kegiatan bersepeda hari Rabu ini juga bagian dari semangat Kemenpora untuk mendorong Program "Gowes Nusantara 2018".

"Kita ingin menjadikan sepeda sebagai alat transportasi baru, alat komunikasi dan olahraga. Ujungnya melahirkan generasi yang sehat dan lebih baik," tutur Menpora.

Untuk mengajak masyarakat bersepeda dan olahraga, Kemenpora menjadikan hari Rabu sebagai hari bersepeda, Bike to Work.

 

"Saya ajak seluruh keluarga besar Kemenpora untuk menjadikan hari Rabu sebagai hari bersepeda. Hari ini baru uji coba karena baru semalam saya minta. Kami juga akan melakukan uji coba lagi pada hari Jumat lusa. Sebisa mungkin lebih banyak lagi staf yang ikut," ujar Menpora.

Peran aktif jajaran keluarga besar Kemenpora, menurut Imam Nahrawi dapat menjadi pendorong bagi Kementerian lain dan masyarakat secara umum untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi alternatif.

Menpora juga berharap jalur khusus bersepeda semakin ditingkatkan untuk mendukung kegiatan masyarakat bersepeda yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan dan sosial masyarakat.

"Seandainya di jalanan masyarakat itu bersepeda, maka tentu tingkat polusi semakin rendah. Kita bisa bertegur sapa satu sama lain, melempar senyum dan meningkatkan rasa kegembiraan di antara masyarakat kita yang padat dengan segala aktivitas kesehariannya," ucap Menpora.

Rencananya kegiatan gowes atau bersepeda oleh Kemenpora dilakukan sebulan sekali setiap hari Rabu. Khusus bulan April ini dilakukan 2 kali pada hari Rabu dan Jumat.

"Yang akan datang kalau sudah wajib akan semuanya, kecuali yang disabilitas, yang uzur, sakit itu tidak harus. Tapi yang muda - muda, yang masih sehat harus keluar dari rumah ke kantor bersepeda," jelasnya.

Menpora pun berharap Kementerian dan Lembaga lain dapat memikirkan hal serupa untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.