Sukses

Maldini Nilai AC Milan Sudah Tepat Perpanjang Kontrak Gattuso

Gattuso sukses membawa AC Milan bangkit sejak awal 2018 setelah sempat terpuruk.

Liputan6.com, Milan Legenda AC Milan Paolo Maldini turut berkomentar soal perpanjangan kontrak Gennaro Gattuso. Menurutnya, mantan rekannya itu merupakan pilihan yang tepat untuk menukangi I Rossoneri.

AC Milan, baru-baru ini, telah mengikat Gattuso dengan kontrak baru berdurasi tiga tahun yang berlaku hingga 2021. Keputusan itu diambil setelah Rino--sapaan Gattuso--mampu membawa Gianluigi Donnaruma dan kolega bangkit sejak memasuki 2018.

Dalam 13 laga terakhir di Serie A, Il Diavolo memetik delapan kemenangan, empat imbang, dan hanya menelan satu kekalahan, yakni dari Juventus (1-3) pekan lalu.

"Saya pikir itu sudah tepat memberi Rino kontrak atas apa yang dia sudah lakukan sejauh ini. Saya yakin dia akan sukses sebagai pelatih AC Milan karena dia telah mengejutkan banyak orang secara taktik serta dari sisi kepelatihan," ujar Maldini kepada Sky Sport Italia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangkit

Di awal penunjukannya, Gattuso sempat diragukan. Selain karena terlalu muda dan minim pengalaman, rekor kepelatihannya juga buruk sebelum melatih AC Milan.

Semua klub yang pernah dia latih, seperti FC Sion, Palermo, OFI Crete, AC Pisa, selalu memecatnya tak lebih dari enam bulan. "Saya akui dia benar-benar mengembalikan keadaan dengan tim racikannya. Perbandingan? Dia unik, kita lihat saja seiring waktu berjalan dan hasilnya akan menjawab perbandingan itu," ujar Maldini.

3 dari 3 halaman

Jangan Kecewa

Namun, kiprah Gattuso musim ini tampaknya masih sulit untuk membuahkan hasil. Di Liga Europa, mereka telah gugur di tangan Arsenal pada babak 16 besar. Di Liga Italia, mereka semakin sulit untuk menembus Liga Champions setelah bermain imbang 1-1 lawan Sassuolo akhir pekan lalu.

Hingga giornata 31, mereka masih terpaku di posisi enam dengan 52 poin, terpaut delapan angka dari AS Roma di peringkat empat. "Kekecewaan karena tidak lolos Liga Champions? Itu tidak harus ada karena kita jangan lupa terhadap apa yang sudah Rino lakukan untuk tim," ucap Maldini.

Satu-satunya trofi yang masih mungkin diraih musim ini adalah Coppa Italia. Hanya saja, di final, Leonardo Bonucci dan kolega harus menghadapi Juventus.

"Seperti yang dia bilang, bagaimanapun, tidak ada alasan jika tim lain memberimu kesempatan untuk melangkah ke depan," tukas Maldini. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Mantan pemain sepak bola profesional dan manajer klub Pisa yang berlaga di Italia
    Mantan pemain sepak bola profesional dan manajer klub Pisa yang berlaga di Italia

    Gennaro Gattuso

  • Paolo Cesare Maldini atau lebih akrab disapa Paolo Maldini adalah seorang mantan pemain sepak bola asal Italia.
    Paolo Cesare Maldini atau lebih akrab disapa Paolo Maldini adalah seorang mantan pemain sepak bola asal Italia.

    Paolo Maldini

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia