Sukses

Kemungkinan Dipakai Persija, Berapa Tarif Sewa Pakansari?

Persija ingin gunakan Stadion Pakansari.

Liputan6.com, Jakarta - Tarif sewa Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, jauh berada di bawah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat. Selisih harga yang signifikan ini mengundang Persija Jakarta untuk memakai stadion berkapasitas 30 ribu penonton tersebut.

Untuk sekali memakai Pakansari, Persija tidak harus merogoh kocek dalam-dalam. Tim berjuluk Macan Kemayoran ini hanya perlu menyiapkan Rp 77 juta sebagai tarif sewa plus Rp 200 juta sebagai uang jaminan.

Bandingkan dengan tarif sewa SUGBK. Stadion yang baru selesai direnovasi ini mematok harga hingga Rp 450 juta sekali pertandingan. Jumlah ini belum ditambah uang jaminan sebesar Rp 1,5 miliar. Jadi, uang yang wajib disetorkan Persija mencapai Rp 1,9 miliar.

"Tarif sewanya Rp 77 juta di Pergub (Peraturan Gubernur) Jawa Barat yang lama. Tapi, mau direvisi di Pergub baru. Akan naik tarifnya. Uang jaminan harus ada, Pergub lama juga ada uang jaminan," ujar Kepala Bidang Sarana Dan Prasarana (Kabidsarpras) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Rudy Achadiat ketika dihubungi Liputan6.com.

"Uang jaminan itu titipan saja, menyimpan sekitar Rp 200 juta. Jadi total Rp 277 juta, bisa dipulangkan kembali (uang jaminan) kalau tidak terjadi kerusakan saja," katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Renovasi Pakansari

Inasgoc sebagai panitia penyelenggara Asian Games 2018 telah memilih Pakansari sebagai venue partai final cabang olahraga (cabor) sepak bola. Arena ini terus mempercantik diri sebelum perhelatan multievent itu dimulai pada Agustus 2018.

Renovasi terhadap Pakansari ternyata tidak tergolong besar. Pemugaran hanya mencakup beberapa infrastruktur yang tidak memakan waktu banyak.

"Di antara seluruh stadion Jawa Barat, kami paling siap. Cuma paling saya meminta penggantian bench pemain. Ada perbaikan di ruang media, ada penambahan kursi media, di ruang konferensi pers juga. Tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung), dan Wibawa Mukti (Bekasi), yang perbaikannya lumayan besar," tutur Rudy.

"Kalau Pakansari memang termasuk paling siap. Di 2017 juga sudah renovasi lumayan besar. Orang-orang survei juga bilang ini (Pakansari) sudah siap, dipoles dikit saja," ujarnya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Renovasi Belum Selesai

Adapun, renovasi Pakansari ternyata belum rampung sepenuhnya. Jika jadi dipakai Persija, Rudy mengatakan bahwa pemugaran tidak akan terganggu. "Tapi tidak terlalu berpengaruh," ucap Rudy.

"Renovasi belum selesai. Pakansari akan ada penambahan lampu. Lampu baru mulai direnovasi. Sekarang lampu baru 1400 lux. Target selesai 18 Juli. Tapi Pak Wakil Presiden, Jusuf Kalla meminta, Juni sudah harus selesai. Tapi Pakansari kan tidak banyak pekerjaan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.