Selain VAR, Wasit Piala Dunia 2018 Juga Bakal Dibantu Jam Pintar

Oleh Tyo Harsono pada 07 Apr 2018, 03:30 WIB
Diperbarui 09 Apr 2018, 03:13 WIB
Logo PIala Dunia 2018

Jakarta - Perusahaan jam tangan mewah asal Swiss, Hublot, bekerja sama dengan FIFA, merilis jam tangan pintar untuk Piala Dunia 2018. Jam ini diklaim akan lebih memudahkan tugas wasit. 

Nantinya, jam tangan pintar itu akan terhubung ke teknologi Video Assistant Referee (VAR). Penggunaan jam tersebut bertujuan untuk membantu wasit mengambil keputusan lebih cepat. 

Jam tangan pintar tersebut bernama 'Big Bang Referee' dan dibuat khusus untuk Piala Dunia 2018. 'Big Bang Referee' didesain berdasarkan permintaan khusus FIFA.

"FIFA menghubungi kami karena menginginkan jam tangan khusus untuk wasit. Mereka meminta kami menciptakan jam khusus untuk membantu wasit saat pertandingan," tulis pernyataan resmi Hublot.

"Jam tangan khusus wasit itu akan terhubung ke teknologi garis gawang, VAR, dan menentukan apakah bola telah meninggalkan lapangan atau belum," lanjut pernyataan tersebut.

Jam tangan pintar tersebut dianggap sebagai solusi untuk mengurangi kontroversi VAR pada Piala Dunia 2018 nanti. Hal itu karena teknologi tersebut kerap dikritik sepanjang musim 2017-2018.

Sumber: Footy Headlines

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Pilihan Hari Ini

Juventus Ngotot Datangkan Pogba, Siap Korbankan 3 Pemain