Ronaldo dan 4 Gol Salto Terbaik di Dunia

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 04 Apr 2018, 22:15 WIB
Diperbarui 04 Apr 2018, 22:15 WIB
Cristiano Ronaldo

Jakarta - Bomber Real Madrid, Cristiano Ronaldo, tampil impresif saat membungkam Juventus pada laga leg pertama perempat final Liga Champions 2017-2018 di Allianz Stadium, Selasa (3/4/2018) atau Rabu (4/4/2018) dini hari WIB.

Pemain berusia 33 tahun itu mencetak dua gol dalam laga yang berakhir dengan skor telak 3-0 tersebut. Ronaldo berhasil mengantarkan Los Merengues unggul 1-0 saat laga baru berlangsung tiga menit.

Di babak kedua, CR7 kembali menempatkan namanya di papan skor. Kali ini, Ronaldo membobol gawang Gianluigi Buffon lewat tendangan salto yang disambut tepukan tangan dari fan tuan rumah. Sementara itu, gol penutup Real Madrid dijaringkan Marcelo.

Bagi Ronaldo, gol indah ke gawang Juventus merupakan yang pertama bersama Real Madrid. Sebelumnya, peraih lima gelar Ballon d'Or itu pernah mencetak gol dengan tendangan salto saat memperkuat timnas Portugal.

Selain Cristiano Ronaldo, ada empat pemain lain yang menurut Bola.com juga pantas masuk kategori gol salto terbaik di dunia. Berikut daftarnya:

 

 

2 dari 5 halaman

Xherdan Shaqiri

Swiss vs Polandia
Tendangan salto pemain Swiss, Xherdan Shaqiri, berbuah gol balasan ke gawang Polandia pada babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, (25/6/2016). (Reuters/Kai Pfaffenbach)

Winger Stoke City, Xherdan Shaqiri, pernah mencetak gol salto yang kala itu mengundang decak kagum. Shaqiri melakukan hal tersebut saat memperkuat timnas Swiss di Piala Eropa 2016.

Pemain berusia 26 tahun itu mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Polandia yang berawal dari umpan Stephan Lichtsteiner. Shaqiri yang berada sedikit dari luar kotak penalti melakukan tendangan salto yang membobol gawang tim lawan.

Gol pertama bagi Shaqiri di Piala Eropa 2016 itu membuat skor pertandingan imbang 1-1. Timnas Swiss pun akhirnya memenangi pertandingan melalui adu penalti dengan skor 5-4.

3 dari 5 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney
Striker Manchester United, Wayne Rooney, melepaskan tendangan salto yang berujung gol ke gawang Manchester City, di Old Trafford, 12 Februari 2011. (AFP/Andrew Yates).

Pemain berusia 32 tahun mencetak gol lewat tendangan salto saat masih berkostum Manchester United tahun 2011. Kala itu, Rooney mencetak gol lewat aksi akrobatik dalam laga kontra Manchester City.

Gol salto Rooney berawal dari umpan silang Luis Nani di sisi kanan. Wazza yang berada di dalam kotak penalti dengan cepat merespons perubahan arah bola setelah umpan Nani mengenai bagian tubuh bek The Citizens, Pablo Zabaleta.

Rooney yang menyadari perubahan arah bola dengan cepat melakukan tendangan salto walau berada dalam kawalan Micah Richards dan Vincent Kompany. Gol tersebut memastikan kemenangan The Red Devils atas rival sekota mereka.

4 dari 5 halaman

Philippe Mexes

Philippe Mexes
Philippe Mexes (REUTERS/Giorgio Perottino)

Eks pemain AC Milan, Philippe Mexes, juga menempatkan namanya dalam daftar pencetak gol salto terbaik di dunia. Bek asal Prancis itu melakukan gol akrobatik tersebut tahun 2012 silam.

Mexes mencetak gol salto dari luar kotak penalti ke gawang Anderlecht di penyisihan grup Liga Champions. Menerima umpan dari Riccardo Montolivo, Mexes yang berada sedikit di luar kotak penalti melepaskan tendangan salto yang membuat bola bersarang ke pojok kanan gawang.

Gol yang dicetak Mexes semakin terasa menyenangkan karena AC Milan mengakhiri kemenangan dengan skor 3-1. Hasil positif itu juga mengantarkan AC Milan melangkah ke 16 besar Liga Champions.

5 dari 5 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic
Selebrasi Zlatan Ibrahimovic saat menyumbang gol untuk Swedia ke gawang Inggris pada laga uji coba di Stockholm, 14 November 2012. (JONATHAN NACKSTRAND / AFP)

Penggawa anyar Los Angeles Galaxy ini pernah membuat gol indah melalui tendangan salto saat memperkuat timnas Swedia. Saat itu, Ibrahimovic melakukannya dalam laga uji coba melawan timnas Inggris tahun 2012.

Gol indah Ibrahimovic ke gawang timnas Inggris berawal dari kesalahan Joe Hart dalam mengantisipasi arah bola. Sundulan Hart yang ingin membuang bola terlalu lemah sehingga dengan cepat diambil oleh Ibrahimovic.

Dalam posisi membelakangi gawang, striker berusia 36 tahun itu melepaskan tendangan salto dari jarak sekitar 40 meter ke gawang kosong yang sudah ditinggalkan Joe Hart.

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓