Sukses

4 Pemain Remaja Ini Berpotensi Dominasi Sepak Bola Dunia

Sepak bola dunia terus melahirkan generasi-generasi pemain luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Dari generasi ke generasi, sejumlah pesepak bola kelas dunia terus dilahirkan. Bakat mereka di lapangan hijau telah tercium sejak remaja, bahkan saat masih anak-anak.

Banyaknya pencari bakat di belahan dunia membuat para pemain itu bisa dipromosikan. Dua penguasa sepak bola dunia enam tahun terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, kualitasnya sudah diakui sejak remaja.

Mereka menembus tim utama dalam usia yang tergolong muda. Sederet nama pemain remaja saat ini digadang-gadang bakal memiliki kualitas kelas dunia di masa mendatang seperti Messi.

Tanda-tandanya adalah para pemain remaja tersebut sudah bersinar dan mendapat kepercayaan di tim utama. Padahal, secara usia, para pemain tersebut masih di bawah 20 tahun.

CIES atau pusat penelitian sepak bola belum lama ini mengeluarkan laporan soal para pemain belia yang berpotensi bersinar di masa depan. Berikut 4 pemain remaja yang diprediksi akan menguasai sepak bola dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Gianluigi Donnarumma

AC Milan beruntung memiliki kiper remaja dengan kualitas top seperti Gianluigi Donnarumma. Dia telah menjalani debut dalam usia 17 tahun bersama Rossoneri.

Sekarang, usia Donnarumma menginjak 19 tahun dan terus menunjukkan kematangan di bawah mistar gawang. Apalagi, AC Milan punya bek sekelas Leonardo Bonucci, yang bisa ikut membimbing Donnarumma di area pertahanan. 

Dengan tinggi 196 cm, Donnarumma sosok yang sempurna untuk penjaga gawang. Refleknya semakin terasah dan diyakini kiper penerus Gianluigi Buffon.

3 dari 5 halaman

3. Kylian Mbappe

Sejak bersinar bersama AS Monaco musim lalu, Kylian Mbappe kian menunjukkan kualitasnya. Kini setelah pindah ke Paris Saint-Germain (PSG), Mbappe bermain bersama striker-striker kelas dunia seperti Edinson Cavani dan Neymar.

Bantuan Neymar dan Cavani akan membuat Mbappe berkembang menjadi bomber yang disegani. Usia Mbappe baru 19 tahun dan masa depan cerah telah menantinya.

Mbappe disebut-sebut memiliki gaya bermain yang mirip legenda Timnas Prancis dan Arsenal, Thierry Henry. Gol demi gol telah lahir dari kaki dan kepala Mbappe, bila di tangan yang tepat, dia akan jadi seorang superstar lapangan hijau.

4 dari 5 halaman

2. Ryan Sessegnon

Nama Ryan Sessegnon tengah naik daun di Inggris usai penampilan gemilangnya bersama Fulham. Dia memang hanya tampil di Divisi Championship (kompetisi kasta kedua sepak bola Inggris), tapi potensi besarnya tampak jelas.

Sejumlah klub besar Eropa telah mengirim pemantau bakat mereka untuk melihat langsung aksi Ryan Sessegnon. Lahir pada 18 Mei 2000, usia Sessegnon baru menginjak 17 tahun.

Dalam usia itu, dia sudah pernah dipanggil untuk membela Timnas Inggris U-21. Sessegnon juga mewakili generasi X di era milenial sekarang ini.

5 dari 5 halaman

1. Christian Pulisic

Christian Pulisic jadi andalan Borussia Dortmund musim ini. Kendati masih berusia 19 tahun, Pulisic sanggup membayar kepercayaan bermain di level tinggi.

Pulisic bisa bermain sebagai penyerang sayap atau gelandang serang. Dia juga menjadi harapan bagi Timnas Amerika Serikat di masa mendatang.

Beberapa klub besar terus memonitor pemain yang sudah 20 kali mengenakan seragam Timnas Amerika Serikat ini. Bukan mustahil, Pulisic akan jadi pemain terbaik yang pernah dimiliki Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.