Pengganti Peran Alvaro Morata dan Sergio Busquets Masih Jadi Tanda Tanya

Oleh Nurfahmi Budi pada 29 Mar 2018, 01:05 WIB
Cetak Gol ke Argentina, Sepatu Kanan Isco Dicium Sergio Ramos

Jakarta, - Timnas Spanyol menang telak ketika menjamu Timnas Argentina dengan skor 6-1. Namun, hasil tersebut tak serta merta membuat Tim Matador gembira. Nama Alvaro Morata dan Sergio Busquets mendadak muncul.

Pada pertandingan di Stadion Wanda Metropolitano, Selasa (27/3/2018) atau Rabu (28/3/2018) dini hari WIB, Timnas Spanyol tak memainkan Alvaro Morata dan Sergio Busquets. Meski tak kehilangan keseimbangan dan ketajaman, kalangan media di Spanyol menilai keberadaan duo tersebut masih penting di pentas Piala Dunia 2018 mendatang.

El Pais menyebut, Busquets dan Morata bisa menjadi satu di antara kunci permainan Spanyol di Rusia 2018. Morata sedang tak tajam, tapi faktor pengalaman dan keberuntungan saat berkostum timnas bisa menjadi pembeda.

Sergio Busquets sudah tak terbantahkan punya peran vital di area penyeimbang lini tengah Timnas Spanyol. Saat berpesta pora ke gawang Argentina, area depan Tim Matador berisi Diego Costa, Marco Asensio dan Isco.

Tak ada Sergio Busquets, tuan rumah mengandalkan Thiago Alcantara, Andres Iniesta dan Koke. Pada babak kedua, masuk Dani Parejo yang menggantikan peran Thiago, plus Iago Aspas yang memegang peran Diego Costa.

Hasilnya, komposisi tersebut mampu membuat repot permainan Timnas Argentina. Empat gol tercipta pada babak kedua melalui Isco (52', 74'), Thiago Alcantara (55') dan Iago Aspas (73').

Usai pertandingan, Pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui mengungkapkan kekhawatiran ketika tak bisa menjajal tim tanpa Sergio Busquets dan Alvaro Morata. Ia menyiratkan akan menunggu kondisi dua pemain tersebut.

 

2 of 2

Para Nomine

Sergio Ramos
Bek timnas Spanyol, Sergio Ramos. (AP Photo/Francisco Seco)

Sembari menunggu, beberapa media di Spanyol membuka analisis mereka tentang kekuatan La Furia Roja. Satu di antaranya adalah posisi Busquets. Beberapa nama muncul sebagai calon pengganti atau sekadar pelapis guna mengantisipasi tak maksimalnya kondisi Busquets pada Piala Dunia 2018.

Javi Martinez, Illarramendi dan bintang Villarreal, Rodri, menjadi deretan nama terdepan guna menggantikan peran Busquets. Julen Lopetegui tak menampik kalau trio tersebut punya kapasitas. Namun, nama Thiago dan Dani Parejo tak bisa dianggap remeh.

Sementara pada area depan, kekhawatiran terhadap Alvaro Morata ditandai munculnya beberapa nomine ala Julen Lopetegui. Pada sisi lain, sang entrenador berharap Morata masih bisa keluar dari performa tak menawan bersama Chelsea, baik karena cedera ataupun ketidakmampuannya mencetak gol.

Julen Lopetegui memberi sinyal beberapa nama guna berperan sebagai si nomor 9, seperti Diego Costa, Iago Aspas dan Lucas Vazquez. Namun, ada satu nama yang memiliki potensi besar, yakni Rodrigo Moreno.

Bomber asal klub Valencia tersebut moncer sepanjang musim ini. Ia sudah mengoleksi 13 gol dalam 28 pertandingan di pentas La Liga 2017-2018. Kini, publik Spanyol bakal menunggu keputusan Julen Lopetegui dalam menentukan pendamping Sergio Busquets dan Alvaro Morata.

Sumber: Marca, El Pais

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓