Sukses

Thomas Dooley Bangga Bawa Timnas Filipina Tembus Piala Asia 2019

Pelatih Timnas Filipina, Thomas Dooley, mengungkap kebanggaannya tim asuhannya lolos ke Piala Asia 2019.

Manila - Timnas Filipina menorehkan sejarah dengan lolos ke Piala Asia untuk pertama kalinya. Tha Azkals akan berlaga di Piala Asia 2019 dengan status juara Grup F putaran ketiga kualifikasi.

"Saya hanya ingin mengatakan satu hal, ini adalah tim terbaik yang kami miliki, ini pelatnas terbaik yang kami miliki selama empat tahun terakhir. Energi, spirit di pemusatan latihan luar biasa, semuanya positif," kata pelatih Filipina, Thomas Dooley, seperti dikutip dari Spin, Selasa (27/3/2018).

"Seperti itulah tim yang sebenarnya. Semua bekerja. Ini luar biasa. Saya tak melihat satu pun pemain dalam mood jelek. Seluruhnya tertawa, berenergi, fokus. Luar biasa. Kami bicara hal itu sebelum pertandingan. Jika Anda positif, Anda tak akan kalah," imbuh pelatih asal Amerika Serikat itu.

"Mereka ini orang-orang yang membuat sejarah, mereka ini pemain terbaik yang kami miliki sekarang ini di Filipina. Saya sangat, sangat bangga dengan mereka," lanjut pelatih yang menangani Timnas Filipina sejak 2014 itu.

Timnas Filipina sebenarnya hanya butuh hasil imbang di laga terakhir kualifikasi kontra Tajikistan untuk memastikan lolos ke Piala Asia 2019.

Namun, Neil Etheridge dkk. mampu menang 2-1 lewat gol Kevin Ingreso menit ke-74 dan penalti Philip Young Husband menit ke-91. Takijstan, sempat lebih dulu unggul lewat gol Nazarov Akhtam menit ke-68.

The Azkals lolos ke putaran final Piala Asia 2019 sebagai juara Grup F bersama tim runner-up, Yaman.

Secara khusus, Timnas Filipina jadi satu di antara wakil Asia Tenggara (ASEAN) di Piala Asia 2019. Tim lain adalah Vietnam dan Thailand.

Namun, jika konteksnya federasi, AFF yang jadi Federasi Sepak Bola ASEAN, mengirim empat tim ke turnamen sepak bola terakbar di Asia itu. Selain tiga tim di atas, ada pula Australia yang juga merupakan anggota AFF. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.