Sukses

MotoGP: Seperti Rossi, Yamaha Yakin Vinales Capai Target

Vinales dan Rossi mendapat hasil berbeda pada MotoGP Qatar 2018.

Liputan6.com, Lesmo - Yamaha menjadi tim MotoGP yang terdepan dalam mengamankan kontrak para pembalap mereka. Masa depan Maverick Vinales dan Valentino Rossi sudah mendapat kepastian sejak musim 2018 belum dimulai.

Pertama, Yamaha lebih dulu mengamankan kontrak Vinales jelang bergulirnya tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Kontrak itu membuat Vinales bertahan dengan tim Garpu Tala hingga 2020.

Selanjutnya, giliran Rossi yang diberikan Yamaha kontrak baru jelang balapan MotoGP Qatar 2018 di Sirkuit Losail. Setelah lama jadi perdebatan mengenai masa depannya, Yamaha mengikat pembalap asal Italia itu dengan kontrak dua tahun, sama seperti Vinales, berlaku hingga 2020.

Hal itu menimbulkan kesan bahwa Yamaha terlalu terburu-buru dalam memberikan kepercayaan kepada dua pembalap utama mereka. Padahal, rival lain seperti Ducati dan Honda sama-sama belum memastikan kontrak dua pembalap utamanya.

"Jika Anda menandatangani kontrak, Anda melakukannya untuk saat ini. Anda melakukan itu untuk memberi bukti kepercayaan pada partner Anda Anda menunjukkan bahwa Anda yakin akan mencapai tujuan bersama," tutur bos Yamaha, Lin Jarvis, dikutip Speedweek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Berbeda

Jika melihat hasil balapan MotoGP Qatar, Yamaha mungkin tak menyesal memberikan kontrak baru untuk The Doctor. Itu karena ia mampu mempersembahkan podium ketiga. Berbeda dengan hasil yang didapat Vinales. Pembalap asal Spanyol itu sempat kesulitan meski akhirnya finis keenam.

Hal itu menimbulkan indikasi bahwa Vinales belum menemukan solusi atas permasalahnya. Hal itu pula yang membuatnya gagal bersaing dalam perebutan gelar MotoGP 2017. Sempat kompetitif di awal musim, pembalap berusia 24 tahun itu tampil di bawah ekspektasi sepanjang paruh kedua.

"Kami tak akan mengecewakannya (Vinales). Kami menjalani musim dingin yang sulit, tapi saya puas dengan hasilnya. Valentino mencetak tujuan dengan podium dalam kondisi yang menantang. Maverick mencetak waktu putaran yang cepat saat mengejar terlepas dari masalah yang ia hadapi," kata Jarvis.

 

3 dari 3 halaman

Biodata Movistar Yamaha

Markas: Lesmo, Italia

Principal: Lin Jarvis

Pembalap: Maverick Vinales (25), Valentino Rossi (46)

Motor: Yamaha YZR-M1

Ban: Michelin

Juara dunia:

- Valentino Rossi: 2004, 2005, 2008, 2009

- Jorge Lorenzo: 2010, 2012, 2015

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.