Komentar Southgate Setelah Inggris Gagal Kalahkan Italia

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 28 Mar 2018, 09:09 WIB
Diperbarui 28 Mar 2018, 09:09 WIB
Gareth Southgate
Perbesar
Gareth Southgate lega setelah mengantarkan Inggris lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. (doc. FA)

London - Timnas Inggris harus puas bermain imbang 1-1 dengan Timnas Italia di Stadion Wembley, London, dalam laga persahabatan yang digelar Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. Namun, pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, merespons hasil pertandingan itu dengan cara yang positif.

Timnas Inggris sempat unggul melalui gol yang dicetak Jamie Vardy pada menit ke-26. Namun, penalti Lorenzo Insigne pada menit ke-87 membuat kedudukan berakhir dengan skor imbang 1-1.

Penalti untuk Italia didapatkan setelah wasit melihat tayangan ulang melalui Video Assistant for Referee (VAR) atas insiden jatuhnya Federico Chiesa di kotak penalti Inggris setelah mendapatkan tekanan dari Adam Lallana dan Jack Tarkowski. Gareth Southgate pun bersyukur pengalaman yang didapatkan anak-anak asuhnya itu tak terjadi di Piala Dunia.

"Saya senang ini belum Piala Dunia. Saya pikir aturannya jelas dan pasti, tapi ini tidak. Ini merupakan satu hal yang bisa Anda debatkan setiap hari. Tampak James Tarkowski menyentuhnya, tapi itu saat sedang berlari dan ia pun juga terjatuh," ujar Southgate seperti dilansir BBC Sports.

"Saya pikir wasit sudah melihat dengan baik. Saya tidak berpikir dengan insiden seperti itu VAR akan memastikan segalanya. Jika sebuah handball atau pelanggaran seperti itu mungkin, tapi kami harus menerimanya," lanjut pelatih berusia 47 tahun itu.

Meski timnya gagal mempertahankan kedudukan untuk menang, Gareth Southgate tetap memberikan penilaian positif kepada The Three Lions. Menurutnya, para pemain Timnas Inggris tampil baik, dan sang pelatih tak ragu untuk menyebutkan beberapa pemain yang tampil sangat baik.

"Dalam lima menit pertama kami sangat berantakan dan membuang bola di area penalti kami. Namun, kami mampu memperbaiki dan menciptakan lebih banyak peluang. Raheem Sterling, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Jesse Lingard tampil baik dari lini tengah dan Jamie Vardy mencetak gol yang sangat bagus," ujar pelatih Timnas Inggris itu.