Sukses

Prediksi Spanyol Vs Argentina: Formula Jitu untuk Lionel Messi

Lionel Messi kemungkinan tampil di laga Spanyol vs Argentina.

Jakarta - Lionel Messi tak pelak jadi bintang utama saat laga persahabatan Spanyol vs Argentina di Wanda Metropolitano, dini hari WIB nanti. Pasalnya, penyerang andalan timnas Argentina itu merupakan pujaan Barcelona, klub kuat di Liga Spanyol.

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli sendiri menyebut, besar kemungkinan sang bintang bakal tampil. Sebelumnya, saat Timnas Argentina bermain di Etihad Stadium, akhir pekan lalu, Lionel Messi membuat kecewa penonton karena absen kontra Italia.

Kini, kondisi berbeda Lionel Messi jadi perbincangan hangat. Hal tersebut berlatar komentar Sampaoli yang mengaku masih mencari formula yang pas guna "mengerti dan memahami" Lionel Messi, sehingga sang kapten bisa tampil tajam seperti bersama Barcelona.

"Mustahil memberi pelajaran kepada Lionel Messi, tentang apa pun. Leo sangat luar biasa, sehingga Anda tak perlu mengajarinya. Anda justru harus mengerti tentangnya, membangun tim yang mengetahui apa kemauannya, itu yang sedang kami ciptakan," jelas Sampaoli, seperti dirilis Marca, Selasa (27/3/2018).

Penjelasan Sampaoli merujuk pada asa publik Argentina yang masih berharap Lionel Messi bisa tampil spektakuler bersama Timnas Argentina, sesuatu yang selama ini tak pernah muncul.

Sampaoli tak menyangkal masih sulit membentuk lingkungan yang sesuai gaya bermain Lionel Messi. "Bertemu Spanyol akan menjadi ujian bagi kami bagaimana bekerja dengan Lionel Messi," kata Sampaoli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komposisi Berubah

Pada sesi persahabatan pekan ini, Sampaoli memiliki beberapa pemain yang dianggap bisa menciptakan lingkungan tepat bagi Messi. Kombinasi Messi, Angel Di Maria dan Manuel Lanzini, menjadi favorit guna menyokong pergerakan Gonzalo Higuain.

Variasi lain dengan menempatkan Angel Correa tepat di belakang Higuain atau Sergio Aguero. Sementara Messi beroperasi dari sisi kanan, dan Di Maria mengancam Spanyol melalui area kiri.

Namun, komposisi tersebut masih bisa berubah, karena Tim Tango masih memiliki beberapa pemain potensial, seperti Lautaro Martinez dan Giovani Lo Celso. Duo anak muda tersebut berhasil memerlihatkan talenta kala Argentina menekuk Italia, akhir pekan lalu.

 

3 dari 5 halaman

Pertandingan Serius

Di sisi lain, pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui menganggap perjumpaan dengan Timnas Argentina bakal menjadi pertandingan 'serius'. Dia menyebut, kualitas tim tamu bisa menjadi gambaran apa yang mereka perbuat di Rusia 2018.

"Argentina tak hanya Messi, tapi ada beberapa pemain yang bisa menjadi penentu corak permainan. Saya harap Argentina bisa menampilkan itu, dan pertemuan kami bakal menjadi ujian yang sebenarnya," terang Julen Lopetegui.

Satu yang bakal menjadi ujian bagi Timnas Argentina adalah memecah dominasi penguasaan bola dari kaki-kaki para pemain Spanyol. Menurut gelandang Timnas Argentina, Ever Banega, tugas utama rekan-rekannya adalah memperhatikan setiap titik lemah lawan agar bisa merebut bola.

"Kami harus bekerja keras mengejar penguasaan bola, yang menjadi senjata andalan Spanyol. Identitas permainan Spanyol itu yang akan menentukan bagaimana kami bermain," sebut Banega, yang pernah mengadu nasib di ranah sepak bola Spanyol.

 

4 dari 5 halaman

Masalah Tuan Rumah

Namun, bukan berarti Spanyol tanpa masalah kala bersua Argentina. Satu di antara kendala besar Julen Lopetegui adalah menentukan siapa yang layak menjadi andalan lini depan di Rusia 2018.

Nama Diego Costa berada di depan, meski masih diragukan karena tampil tumpul bersama Atletico Madrid. Sosok Rodrigo Moreno dianggap terlalu mudah, sementara Alvaro Morata tak konsisten, dan Iago Aspas dinilai sudah telat.

"Siapa yang akan mengisi posisi lini depan menjadi pekerjaan berat, meski menentukan di area tengah juga tak kalah rumit. Saya yakin akan ada sinyal setelah laga kontra Timnas Argentina," sebut Julen Lopetegui.

Sekadar gambaran, pada tujuh laga terakhir, Costa belum bermain sejak awal. Morata terpilih dua kali, dan Moreno tiga pertandingan. Benefit tertuju ke arah Iago Aspas, yang sedang tampil paling bagus di antara tiga pesaingnya. 

 

5 dari 5 halaman

Head to Head

7/9/2010 Argentina 4 : 1 Spanyol (Persahabatan)

14/11/2009 Spanyol 2 : 1 Argentina (Persahabatan)

11/10/2006 Spanyol 2 : 1 Argentina (Persahabatan)

13/7/1966 Argentina 2 : 1 Spanyol (Piala Dunia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.