Reading Pecat Jaap Stam

Oleh Rizki Hidayat pada 21 Mar 2018, 21:35 WIB
Diperbarui 21 Mar 2018, 21:35 WIB
Manchester United
Perbesar
Mantan pemain Manchester United yang kini melatih Reading, Jaap Stam. (AFP/Justin Tallis)

Jakarta - Mantan bek Manchester United, Jaap Stam, harus lengser dari jabatannya sebagai manajer Reading. Stam dipecat setelah Reading tampil buruk di Divisi Championship musim ini.

"Reading mengumumkan jika Jaap Stam telah meninggalkan posisinya sebagai manajer klub dengan segera," bunyi pernyataan resmi Reading.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jaap atas kerja keras dan komitmennya kepada klub, khususnya torehan yang dia capai pada musim pertama yang mengesankan bersama Reading, dan kami mendoakan yang terbaik dalam usahanya pada masa depan."

Jaap Stam mulai menangani Reading pada 13 Juni 2016 dan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun. Pada musim pertamanya sebagai manajer Reading, Stam mampu membawa dampak positif.

Berkat strategi yang diterapkannya, The Royals berhak tampil pada babak playoff setelah menempati peringkat ketiga klasemen akhir Divisi Championship musim lalu.

Sayang, Reading gagal lolos ke Premier League 2017-2018. Mereka kalah 3-4 dari Huddersfield Town lewat adu penalti pada laga final playoff yang berlangsung di Stadion Wembley, 29 Mei 2017.

Berkat prestasi tersebut, Stam yang memperkuat Manchester United dari 1998 sampai 2001 mendapatkan kontrak baru pada 4 Juli 2017. Jaap Stam akan menangani Reading sampai 2019.

 

2 dari 2 halaman

Mengalami Kemunduran

Memasuki musim ini, performa Reading di bawah arahan Jaap Stam mengalami kemunduran. The Royals saat ini berada di posisi 20 klasemen sementara Divisi Championship dengan mendulang 36 poin, hasil dari delapan kemenangan, 12 imbang, dan menelan 18 kekalahan.

Mereka hanya unggul tiga poin atas Birmingham City yang berada di peringkat ke-22, atau batas akhir terdegradasi ke League One. Tak ingin terus terpuruk, manajemen Reading akhirnya memecat Stam.

"Kami sekarang akan fokus untuk mengidentifikasi dan merekrut orang yang tepat untuk membawa Reading melangkah ke depan," lanjut pernyataan klub.

Sumber: Reading, BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓