Prediksi Singapura vs Timnas Indonesia U-23

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Mar 2018, 07:36 WIB
Diperbarui 21 Mar 2018, 07:36 WIB
Singapura U-23 Vs Indonesia U-23
Perbesar
Singapura U-23 Vs Indonesia U-23 (Bola.com/Adreanus Titus)

- Timnas Indonesia U-23 bertandang ke Stadion Nasional Singapura, untuk menjalani laga uji coba kontra Timnas Singapura U-23, Rabu (21/3/2018). Pelatih Timnas U-23, Luis Milla, menjanjikan sebuah kejutan dalam pertandingan uji coba yang menjadi bagian persiapan menuju Asian Games 2018 itu.

Luis Milla membawa 23 pemain Timnas Indonesia U-23 setelah meninggalkan Ahmad Nur Hardianto yang sakit jelang keberangkatan menuju Singapura.

Meski memiliki Evan Dimas di Singapura, Luis Milla pun sudah memastikan gelandang yang baru mencetak gol perdana untuk Selangor FA itu juga tidak bisa bermain lantaran cedera.

"Kondisi tim bagus, namun Evan Dimas sepertinya tidak kami turunkan karena masih cedera," ujar Luis Milla.

Dengan hanya memiliki 22 pemain yang siap tampil, Luis Milla sejak awal sudah menegaskan akan mempersiapkan sebuah kejutan dalam pertandingan uji coba kali ini. Pelatih asal Spanyol itu akan melakukan rotasi posisi bagi pemain-pemainnya dalam pertandingan ini.

"Saya melihat banyak potensi dari pemain yang saya miliki. Mereka telah berkembang, baik secara tim maupun individu. Kini saya akan mencoba beberapa pemain untuk mengeksplorasi potensi dirinya masing-masing. Sesuatu yang mungkin tak pernah dibayangkan oleh kita sebelumnya," ujar pelatih berusia 52 tahun itu.

Meski memiliki Ezra Walian yang baru bergabung latihan bersama Timnas Indonesia U-23 di Singapura, Senin (19/3/2018), kemungkinan besar Luis Milla akan memilih memainkan pemain yang sudah lebih dulu bergabung dalam latihan sejak Sabtu (17/3/2018).

Berdasarkan pengamatan Bola.com dalam dua latihan di Tanah Air, Egy Maulana Vikri kemungkinan besar akan diplot sebagai striker utama.

Perubahan posisi Egy mungkin bukan satu-satunya yang akan terlihat dalam uji coba kali ini. Sesuai ungkapan Luis Milla bahwa akan ada sesuatu yang mungkin tak pernah terbayangkan, perubahan posisi pemain kemungkinan akan ekstrem.

2 dari 3 halaman

Eksperimen Posisi

Gelandang Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, berusaha melewati Luis Milla, saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Kamis (22/2/2018). Pemusatan latihan tahap kedua ini dilakukan untuk persiapan Asian Games 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bisa diambil contoh bagaimana Luis Milla pernah melakukan eksperimen saat latihan dengan menempatkan Saddil Ramdani, yang biasa berada di posisi penyerang sayap, menjadi seorang bek sayap.

Selain itu, Gavin Kwan Adsit yang pertama berposisi sebagai bek kanan, pernah dijajal menjadi penyerang sayap atau bek tengah.

Hadirnya dua rekan Egy Maulana Vikri di Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto dan Syahrian Abimanyu, kemungkinan besar juga masuk dalam skema kejutan yang akan dibuat oleh Luis Milla.

Namun, eksperimen perubahan posisi itu bukan berarti Luis Milla meremehkan Timnas Singapura U-23, yang sepanjang 2017 tidak pernah melakukan pertandingan resmi dan tim seniornya sama sekali tidak pernah meraih kemenangan dalam 11 pertandingan.

Bermodal hasil imbang 0-0 dengan klub lokal, Warriors FC, Timnas Singapura bisa menjadi tim yang membahayakan.

"Kami tidak meremehkan Singapura yang sangat baik dalam momen bola mati. Hal tersebut menjadi satu dari sekian banyak perhatian kami. Para pemain siap mengatasi kemungkinan tersebut," ujar pelatih Timnas Indonesia U-23 itu.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Pemain Timnas Indonesia, Nur Hardianto berebut bola dengan Rachmat Irianto saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Sabtu (17/3/2018). Latihan ini merupakan persiapan jelang laga uji coba melawan Singapura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Prakiraan Susunan Pemain:

Singapura U-23 (4-3-3): Hairul Syirhan Bin Mardan (kiper); Illyas Lee, Muhammad Amirul Adli, Mohammad Faizal, Muhammad Shahrin (belakang); Adam Bin Swandi, Muhammad Aniq, Muhammad Asshukrie (tengah); Muhammad Amiruldin Asraf, Muhammad Akbar Shah, Mohamed Ifwat

Pelatih: Fandi Ahmad

Indonesia U-23 (4-3-3): Satria Tama (kiper); Putu Gede Juni Antara, Rachmat Irianto, Bagas Adi Nugroho, Saddil Ramdani (belakang); Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Septian David Maulana (tengah); Febri Hariyadi, Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri.

Pelatih: Luiis Milla

Lanjutkan Membaca ↓