Sukses

Gelandang Persib: Saya Kehilangan Sosok Michael Essien

Persib mendepak Michael Essien setelah mendatangkan Jonathan Bauman.

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, mengaku kehilangan sosok Michael Essien. Buatnya, pemain asal Ghana tersebut merupakan pribadi yang baik di dalam maupun luar lapangan.

"Kehilangan pasti ada. Bukan hanya di lapangan, tapi juga di lua arena. Sosok Essien sangat baik. Sudah lebih dari satu tahun bersama dia," ujar Kim kepada Liputan6.com, saat launching Go-Jek Traveloka Liga 1 2018 di Jakarta, Senin (19/3/2018).

"Menurut saya, dia bintang besar. Walaupun bintang besar, dia tidak sombong. Baik sekali. Saya mungkin pribadi kehilangan sosok Essien. Kalau di lapangan berbeda. Kita tidak terpengaruh itu. Tapi saya yakin, kita harus optimistis untuk mengisi perannya," katanya.

Persib terpaksa mendepak Essien untuk memberikan jalan bagi Jonathan Bauman. Pasalnya, setiap klub hanya diperkenankan memiliki empat pemain asing. Saat ini, Persib telah memiliki Bojan Malisic, Oh In Kyun, dan Ezeqiel N'Douasel.

Nasib Essien (35) sendiri masih menggantung. Persib memang belum bersikap soal status Essien. Namun, tim berjuluk Pangeran Biru itu telah berencana meminjamkan mantan pemain AC Milan ini ke klub lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengaruh Essien

Kim menolak untuk menanggapi keputusan manajemen Persib mengganti Essien dengan Bauman. Sebagai seorang pemain, tugasnya ialah bermain semaksimal mungkin di setiap pertandingan.

Kebijakan Persib mencoret Essien terbilang mengejutkan. Pasalnya, pemain bertubuh gempal ini baru menambah masa baktinya di Kota Kembang.

"Itu keputusan manajemen. Kita hanya ikuti arahan pelatih saja. Jadi hal-hal yang lain tidak berpengaruh untuk kita. Mungkin mau bagaimana pun, kita harus siap di lapangan. Mau pemainnya siapa pun, siap," tutur Kim.

3 dari 3 halaman

Warisan Essien

Kim tidak akan lupa dengan jasa Essien. Banyak warisan yang ditinggalkan eks Real Madrid itu kepada Kim.

"Pastinya, posisinya kan sama. Jadi sering diberikan saran, tips, bagaimana perbaiki permainan saya. Jadi sangat berterima kasih dapat bermain bersama dengan Essien. Walaupun hanya semusim," ucap pemain kelahiran Jerman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini