Sukses

Mesin Diesel Cristiano Ronaldo di La Liga

Cristiano Ronaldo mencetak hattrick saat Real Madrid membantai Girona dengan skor 6-3.

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo seperti mesin diesel. Performa pemain berjuluk CR7 tersebut di La Liga terus meningkat seiring semakin banyaknya pertandingan yang dilalui bersama Real Madrid.

Mendekati berakhirnya kompetisi La Liga musim ini, Ronaldo semakin tajam. Saat Real Madrid membantai Girona 6-3 di Santiago Bernabeu, CR7 kembali jadi pahlawan usai memborong empat gol. Masing-masing menit ke-11, 47' 64, dan memasuki injury time.

Dua gol lainnya dilesakkan oleh Lucas Vazquez (57') dan Gareth Bale (86'). Sedangkan tiga gol balasan tim tamu, Girona lahir dari Cristhian Stuani (29' dan 67') dan Juanpe (8'). 

Lewat pertandingan ini, Ronaldo mengukir rekor hattrick ke-50 selama berkostum Real Madrid sejak 2009 lalu. Selain itu, menurut Opta, Ronaldo juga tercatat sebagai pemain tersubur jika dibandingkan seluruh pemain di liga-liga papan atas Eropa sepanjang 2018.

Selama periode itu, sang pemain telah menyumbang 18 gol di berbagai kompetisi. 

Namun yang tak kalah menarik tentunya adalah, tambahan empat gol membuat Ronaldo kian memanaskan perburuan gelar El Pichichi musim ini. Hingga saat ini, CR7 sudah mengoleksi 22 gol atau terpaut 3 gol dari Lionel Messi yang berada di puncak klasemen.  

"Cristiano (Ronnaldo) bermain pada level yang spektakuler dan itu ditunjukkan setiap hari. Jika dia terus seperti ini, maka dia akan mendekati Messi (pada perburuan Pichichi)," kata rekan setim Ronaldo, Lucas Vazquez usai pertandingan Real Madrid melawan Girona. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lambat Panas

Di awal musim, Lionel Messi memang seakan melaju sendirian. Sebelum tahun baru, pemain yang dijuluki La Pulga tersebut sudah mengemas 15 gol bersama Barcelona di La Liga. 

Sebaliknya, Ronaldo justru meragukan. Sihirnya seakan menghilang. Setelah absen lima pertandingan akibat hukuman yang diberikan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), eks pemain Manchester United itu tidak segera bangkit dan menunjukkan ketajamannya. 

Sebelum tahun baru 2018, Ronaldo hanya mampu mencetak empat gol di La Liga. 

Namun sejak Januari, Ronaldo mulai menunjukkan ketajamannya. Dia mencetak dua gol saat Real Madrid mengalahkan Deportivo La Coruna 7-2, pada 21 Januari lalu. Ronaldo kemudian mencetak hattrick pertamanya pada La Liga musim ini saat Madrid bertemu Real Sociedad, 10 Februari lalu. Pada pertandingan ini, Los Blancos berhasil menang 5-2. 

Setelah itu, keran gol Ronaldo kian lancar sampai akhirnya mencetak quattrick lawan Girona.

Simak daftar gol Ronaldo di La Liga musim ini:

18-03-18 Real Madrid 6 - 3 Girona: 4

10-03-18 Eibar 1 - 2 Real Madrid: 2

03-03-18 Real Madrid 3 - 1 Getafe: 2

24-02-18 Real Madrid 4 - 0 Deportivo Alavés: 2

18-02-18 Real Betis 3 - 5 Real Madrid: 1

10-02-18 Real Madrid 5 - 2 Real Sociedad: 3

27-01-18 Valencia 1 - 4 Real Madrid: 2

21-01-18 Real Madrid 7 - 1 Deportivo La Coruna: 2

09-12-17 Real Madrid 5 - 0 Sevilla: 2

25-11-17 Real Madrid 3 - 2 Malaga: 1

14-10-17 Getafe 1 - 2 Real Madrid: 1

 

 

 

3 dari 3 halaman

Jangan Besar Kepala

Meski sempat seret di La Liga, ketajaman Ronaldo sebenarnya tidak perlu diragukan. Sebab dia masih subur di Liga Champions. Dia bahkan masih tercatat sebagai top scorer sementara kompetisi paling bergengsi di benua Eropa tersebut. Hingga babak 8 besar, Ronaldo telah mencetak 12 gol disusul pemain Sevilla, Wissam Ben Yedder, dengan 8 gol. 

Sedangkan Messi yang selama ini dianggap sebagai rival abadi Ronaldo, masih jauh tertinggal, yakni 6 gol. Ronaldo juga masih berpeluang menambah pundi-pundi golnya, karena Real Madrid belum terbendung dan akan tampil di babak 8 besar. 

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane sejak awal juga tidak pernah meragukan kehebatan Ronaldo. Pelatih asal Prancis itu selalu membela CR7 bila tengah mengalami kemunduran. Dia juga selalu yakin, Ronaldo bakal bangkit dan kembali tajam di depan gawang lawan. 

Itu sebabnya, Zidane tidak kaget saat Ronaldo mampu mencetak quattrick melawan Girona. 

"Dia sangat berambisi dan dia melakukan itu dalam setiap sesi latihan maupun setiap dia bertanding. Jika dia melakukan penalti saat latihan, dia akan melakukannya dengan konsentrasi maksimal dan sungguh-sungguh," ungkap Zidane dikutip dari laman resmi klub.

Menurutnya, keuletan ini membuatnya berbeda dengan pemain lain. Hanya saja, Zidane juga tidak mengabaikan peran pemain lain terhadap kehebatan Ronaldo di lapangan. 

"Tentu saja rekan setimnya juga banyak membantu," kata Zidane. 

Pujian juga disampailan oleh Varquez terhadap Ronaldo. Namun pemain yang menyumbang satu gol ke gawang Girona itu juga meminta CR7 tidak besar kepala. "Sebaik-baiknya Ronaldo, tidak akan lebih baik dari Real Madrid," kata Vazquez mengingatkan. 

"Dia layak diberi selamat, tapi dia bukan satu-satunya, sebab semua bertanding dengan baik," ujar pemain Madrid lainnya, Mateo Kovacic. "Saya ikut senang melihatnya, tapi yang paling penting adalah kemenangan tim, tidak perduli siapa yang berhasil mencetak gol."  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.