Piala FA: Tottenham ke Semifinal Usai Hajar Swansea

Oleh Luthfie Febrianto pada 17 Mar 2018, 21:26 WIB
Diperbarui 17 Mar 2018, 21:26 WIB
Premier League, Selebrasi Terbaik, Liga Inggris

Liputan6.com, Swansea - Tottenham Hotspur lolos ke semifinal Piala FA usai mengandaskan tuan rumah, Swansea City dengan skor telak 3-0 di Liberty Stadium, Sabtu (17/3/2018). Dua dari tiga gol Spurs dicetak Christian Eriksen.

Piala FA menjadi satu-satunya turnamen yang berpeluang menyumbang trofi bagi Spurs. Pasalnya, mereka telah tersingkir dari Liga Champions dan secara matematis tak mungkin mengejar Manchester City di Liga Inggris.

Manajer Spurs, Mauricio Pochettino pun tak tanggung-tanggung pada pertandingan ini. Manajer asal Argentina itu tetap menggunakan taktik menyerang, meski tanpa Harry Kane yang absen karena cedera.

Hasilnya, Spurs unggul cepat pada menit ke-11. Sepakan Eriksen dari jarak 20 meter meluncur mulus ke gawang Swansea yang dikawal Nordfeldt.

Pada menit ke-23, Spurs sebetulnya bisa menambah keunggulan. Namun gol Son Heung Min ternyata dianulir wasit.

Jelang turun minum, gawang Spurs kembali bobol. Kali ini, giliran Erik Lamela yang membobol gawang Swansea. Sama dengan gol Eriksen, Lamela membobol gawang Swansea lewat tendangan kerasnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tottenham Hotspur, Newport County, Piala FA
Pemain Tottenham Hotspur, Erik Lamela (AFP/Ian Kington)

Kendati bermain di hadapan suporter sendiri, Swansea gagal mengambil alih jalannya pertandingan. Alhasil, Spurs kembali mendominasi pada babak kedua.

Gawang Swansea berkali-kali diancam oleh usaha Spurs. Alhasil, pada menit ke-62, Eriksen mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini.

Gol Eriksen berawal dari umpan Erik Dier kepada Lucas Moura. Tak mendapat ruang tembak, Moura memberikan bola tersebut kepada Eriksen.

Pemani asal Denmark itu tak menyia-nyiakan kesempatan dengan langsung menembak bola ke arah gawang. Spurs unggul 3-0 hingga pertandingan berakhir.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

SWANSEA (5-4-1): Kristoffer Nordfeldt; Kyle Naughton, Alfie Mawson, Mike van der Hoorn, Kyle Bartley, Martin Olsson; Nathan Dyer, Ki Sung-yeung, Tom Carroll, Sam Clucas; Tammy Abraham.

TOTTENHAM (4-3-3): Michel Vorm; Kieran Trippier, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen, Ben Davies; Moussa Sissoko, Eric Dier, Christian Eriksen; Lucas Moura, Son Heung-min, Erik Lamela.

Lanjutkan Membaca ↓