VAR Resmi Digunakan pada Piala Dunia 2018

Oleh Aditya Wicaksono pada 17 Mar 2018, 06:05 WIB
Diperbarui 19 Mar 2018, 05:13 WIB
Trofi Piala Dunia 2018-Vladimir Putin

- Presiden FIFA, Gianni Infantino, resmi mengumumkan penggunaan Video Assistant Referees (VAR) pada Piala Dunia 2018. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi potensi kesalahan yang dibuat pengadil pertandingan.

"Kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Kami ingin memberikan peralatan yang dapat membantu kinerja wasit jadi mereka bisa membuat keputusan yang tepat. Laga Piala Dunia adalah laga yang sangat penting," ujar Infantino.

"Saya sedikit skeptis pada awalnya, namun tanpa mencoba kita tidak akan mendapatkan apa pun. Tanpa VAR, wasit berpeluang membuat kesalahan penting dalam setiap tiga pertandingan."

"Menurut statistik, kesalahan keputusan yang dibuat wasit akan berkurang menjadi satu dalam setiap 19 pertandingan. Karena itu kami mengambil keputusan," ungkap Infantino.

Sebelumnnya, VAR sudah digunakan di Piala FA dan Piala Liga Inggris. Ligue 1 Prancis akan menerapkannya pada musim mendatang, sedangkan Bundesliga baru akan mengambil voting mengenai penggunaan VAR.

Sejauh ini, kompetisi bergengsi yang belum mempertimbangkan untuk menggunakan VAR adalah Liga Champions dan Liga Europa, serta Premier League.

Sumber: FIFA

Video Pilihan Hari Ini

Chelsea Bidik Neuer di Transfer Musim Panas Ini