Sukses

5 Pesepak Bola Paling Kreatif di Eropa Musim Ini

Andil pesepak bola ini untuk tim sangat besar

Liputan6.com, Jakarta Seorang pencetak gol memang selalu mendapatkan perhatian. Tapi, sebenarnya yang terpenting adalah siapa otak di balik terciptanya gol tersebut.

Para playmaker diam-diam melakukan tugas yang begitu penting dan seakan menjadi arsitek dalam permainan tim.

Pemain seperti Christian Eriksen, Cesc Fabregas, Lorenzo Insigne, Philippe Coutinho, Isco, Henrikh Mkhitaryan, David Silva dan Ivan Perisic boleh dibilang merupakan beberapa pesepak bola kreatif terbaik. Mereka kadang tak terlalu diperhatikan tapi andilnya sangat besar.

Biasanya mereka-lah yang menggerakkan permainan tim. Menjadi jembatan antar-lini, dan mengalirkan bola ke seluruh penjuru lapangan.

Lantas, siapa saja 5 pesepak bola paling kreatif di Eropa musim ini? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Philipp Max, Augsburg

Philipp Max telah menjadi buah bibir di Bundesliga musim ini. Bermain untuk Augsburg, pemain berusia 24 tahun itu telah mencetak satu gol dan memberikan 11 assist dalam Bundesliga ini.

Augsburg saat ini berada di posisi 8 di klasemen Bundesliga, berkat penampilan menakjubkan Philipp Max. Max adalah salah satu bek kiri terbaik di dunia saat ini.

Pemain asal Jerman itu telah menciptakan total 73 peluang dalam 26 penampilan Bundesliga, alias 2,81 peluang per game. Dia disebut-sebut menjadi masa depan sepak bola Jerman dan punya banyak waktu untuk melejit.

3 dari 6 halaman

4. Mesut Ozil, Arsenal

Sebanyak 136 assist dalam 356 penampilan kompetitif, Mesut Oezil benar-benar 'King of Assists' di sepak bola modern. Pemain berusia 29 tahun itu adalah salah satu playmaker terbaik di dunia saat ini.

Dia pasti berada di posisi puncak ketika menciptakan peluang. Bintang The Gunners telah mencetak 5 gol dan 10 assist di semua laga kompetitif untuk Arsenal musim ini.

Meski Arsenal mengalami musim yang buruk, penampilan Mesut Ozil tidak menunjukkan tanda-tanda akan turun. Mantan bintang Real Madrid ini telah menciptakan total 78 peluang pada 25 laga liga musim ini, yang setara dengan 3,12 peluang per game.

4 dari 6 halaman

3. Kevin de Bruyne, Manchester City

Mantan gelandang Chelsea ini memiliki musim yang menakjubkan bersama Manchester City. Pep Guardiola telah mengubah Kevin de Bruyne menjadi gelandang kelas dunia.

Gelandang berusia 26 tahun itu telah mencetak 11 gol dan membantu 18 assist untuk Manchester City musim ini. Berkat kecemerlangan de Bruyne, The Cityzens saat ini duduk di puncak klasemen Liga Inggris dan juga lolos ke perempatfinal Liga Champions 2017/18.

Pemain Belgia itu telah menciptakan total 95 peluang dalam 30 penampilan liga musim ini, alias 3,17 peluang per pertandingan. Playmaker Manchester City itu telah menyediakan 42 assist hanya dalam 93 pertandingan Liga dan hanya berada di belakang Mezut Oezil dalam hal jumlah assist.

5 dari 6 halaman

2. Neymar, Paris Saint-Germain

Pemain asal Brasil ini memiliki musim sukses dengan Paris Saint-Germain. Sejak memecahkan rekor transfer dunia ketika pindah ke ibukota Prancis selama musim panas 2017, Neymar dalam bentuk yang menakjubkan.

Pemain berusia 26 tahun itu telah mencetak 28 gol dan 16 assist pada laga kompetitif untuk PSG musim ini. Ketika datang untuk menciptakan peluang bagi rekan setimnya, pemain Brasil itu hanya 0,03 kali per laga di belakang Dimitri Payet soal penciptaan peluang.

Neymar telah menciptakan 71 peluang mencetak gol musim ini, yang setara dengan 3,55 peluang per game di Ligue One. Dia juga menciptakan 3,3 peluang per pertandingan di Liga Champions 2017/18. Luar biasa.

6 dari 6 halaman

1. Dimitri Payet, Marseille

Mantan pemain West Ham ini secara mengejutkan menjadi pemain paling kreatif di Eropa musim ini. Pindah ke Marseille pada Januari 2017, dia telah menjadi bagian penting dari skuat musim ini.

Gelandang Prancis itu telah mencetak 6 gol dan 11assist di semua kompetisi untuk Marseille dalam musim ini. Marseille saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Ligue 1 dan terlihat bagus lolos ke ajang Liga Champion musim depan.

Pemain berusia 30 tahun itu telah menciptakan total 86 peluang dalam penampilan 24 Ligue 1 musim ini. Itu berarti setara dengan 3,58 peluang per laha di Ligue. Dimitri Payet memang punya sejarah mengemas rata-rata 10 assist dalam satu musim, sejak 2009/10. Dia telah menghasilkan total 85 assist dalam karirenya. (Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.