Sukses

Bikin Blunder, Pelatih AC Milan Bela Donnarumma

Gattuso menilai AC Milan saat ini adalah tim yang sangat muda.

Liputan6.com, London - Tersingkirnya AC Milan di 16 besar Liga Europa 2017/2018 memang bukan sesuatu yang mengejutkan. Namun, kesalahan yang dilakukan kiper Gianluigi Donnarumma tetap menjadi sorotan. Pelatih Gennaro Gattuso pun sampai melakukan pembelaan.

AC Milan harus angkat koper dari Liga Europa setelah kalah 1-3 dari Arsenal pada leg kedua 16 besar di Emirates Stadium, Jumat (16/3/2018) dini hari WIB. Hasil itu membuat Rossoneri menelan kekalahan agregat 1-5 dari The Gunners.

Padahal, sempat muncul asa untuk membalikkan keadaan setelah Milan mencetak gol di menit ke-35 lewat tendangan Hakan Calhanoglu dari luar kotak penalti. Sayang, Milan harus kebobolan dua gol dari situasi yang sulit diterima.

Pertama, mereka diganjar hukuman penalti kontroversial di menit ke-39. Dalam tayangan ulang, kontak yang dilakukan Ricardo Rodriguez kepada Danny Welbeck tak begitu signifikan. Penalti itu sendiri akhirnya berhasil dimaksimalkan Welbeck.

Setelah itu, AC Milan harus kebobolan akibat kesalahan Donnarumma di menit ke-71. Ia melakukan tepisan yang salah saat membendung tendangan Granit Xhaka. Tepisannya justru mengarah bola ke sudut kanan gawang Milan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembelaan Gattuso

"Donnarumma harus mengangkat kepalanya dan terus melangkah. Kiper terhebat di dunia pun membuat kesalahan, begitu pula Donnarumma. Ini bukan masalah. Kami hanya perlu melindunginya. Saya sangat percaya dan menghargai Gigio," jelas Gattuso, dikutip Football Italia.

Sejatinya, penampilan Donnarumma di laga itu cukup baik. Kiper berusia 19 tahun itu melakukan beberapa penyelamatan penting. Salah satunya adalah tendangan jarak dekat Henrikh Mkhitaryan di menit ke-50.

Karena itu, Gattuso tak terlalu ingin menyalahkan Donnarumma. Apalagi, belakangan ini kiper asal Italia itu dilaporkan ingin meninggalkan Milan. "Ini adalah tim yang masih muda, bisa berbuat lebih banyak dan bisa mencapai level Arsenal saat ini. Mereka punya lebih banyak pengalaman," ungkap Gattuso.

3 dari 3 halaman

Donnarumma dan Data Diri

Nama: Gianluigi Donnarumma

Posisi: Kiper

Kebangsaan: Italia

Kontrak: 30 Juni 2021

Agen: Mino Raiola

Statistik Donnarumma di AC Milan

Milan U-17: 1 caps, 3 kebobolan, 0 clean sheet

Milan Primavera: 9 caps, 11 kebobolan, 3 clean sheet

Milan: 112 caps, 115 kebobolan, 42 clean sheet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.