Sriwijaya FC Segera Punya 3 Pemain Naturalisasi

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 07 Mar 2018, 22:45 WIB
Diperbarui 09 Mar 2018, 22:13 WIB
PSMS Medan Vs Sriwijaya FC

Liputan6.com, Jakarta Di bawah tongkat kepemimpinan Rahmad Darmawan sebagai pelatih, Sriwijaya FC tidak main-main dalam mengarungi kompetisi musim depan. Skuat tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut dirombak habis-habisan.

Perubahan yang paling mencolok terdapat pada slot pemain asing. Dua legiun impor Sriwijaya FC pada musim lalu, Tiljani Belaid dan Hilton Moreira dilepas lantaran kontribusi yang dinilai tidak signifikan.

Hanya Alberto ‘Beto’ Goncalves dan Yu Hyun Koo yang dipertahankan sebagai pemain asing. Nama pertama bahkan telah berstatus legiun lokal setelah resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Di awal musim, empat pemain asing merapat ke Palembang. Mahamadou N'Diaye, Makan Konate, Esteban Vizcarra, dan Manuchekhr Dzhalilov bergabung dengan Sriwijaya FC. Total sebelum Beto menjadi WNI, Laskar Wong Kito memiliki enam pemain asing plus satu pemain naturalisasi, yaitu Bio Paulin.

Sesuai regulasi, Sriwijaya FC hanya boleh memiliki empat pemain asing untuk Liga 1 2018. Skuat impor Laskar Wong Kito berkurang menjadi lima setelah Beto resmi menjadi WNI.

Untuk mengakali regulasi tersebut, Sriwijaya FC tengah mengupayakan Esteban Vizcarra menempuh jalur naturalisasi. Lantas, bagaimana proses gelandang berusia 31 tahun tersebut mendapatkan status WNI?

"Untuk Vizcarra, masih diproses. Mudah-mudahan sebelum kompetisi dimulai, dia telah dinaturalisasi dan menjadi WNI,” ujar Asisten Manajer Sriwijaya FC, Achmad Haris ketika dihubungi Liputan6.com.

2 of 3

Punya 3 Pemain Naturalisasi

PSMS Medan Vs Sriwijaya FC
Esteban Vizcarra (kiri) bakal segera menyandang status WNI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jika upaya naturalisasi berjalan cepat, maka Sriwijaya FC segera memiliki tiga pemain naturalisasi pada skuatnya untuk musim depan. Mantan pemain Arema FC itu akan menyusul Beto dan Bio Paulin.

Belum lama ini, Sriwijaya FC mengabarkan bahwa Beto telah resmi menyandang status sebagai WNI. Oleh sebab itu, kepingan pemain asing Laskar Wong Kito tinggal lima personil.

Sriwijaya FC berharap naturalisasi Vizcarra rampung sebelum kompetisi dimulai. Dengan begitu, Laskar Wong Kito dapat mendaftarkan empat pemain asing, minus Vizcarra yang terhitung legiun lokal.

3 of 3

Daftar Pemain Asing dan Naturalisasi Sriwijaya FC

Pemain Asing: Mahamadou N'Diaye, Yu Hyuun Ko, Makan Konate, Esteban Vizcarra, dan Manuchekhr Dzhalilov.

Pemain Naturalisasi: Bio Paulin dan Alberto ‘Beto’ Goncalves.

Lanjutkan Membaca ↓