Sukses

Gagal Bersinar, Mkhitaryan Sindir Filosofi Sepak Bola MU

Sesaat jelang hijrah ke Arsenal, Mkhitaryan terus tercoret dari skuat utama MU.

Liputan6.com, London - Hijrah ke Arsenal adalah pelarian Henrikh Mkhitaryan dari nasib buruk yang dijalaninya selama berkostum Manchester United (MU). Meski memiliki reputasi bagus, faktanya Mkhitaryan gagal bersinar bersama MU.

MU mendatangkan Mkhitaryan dari Borussia Dortmund pada musim panas 2016 dengan biaya 42 juta euro. Pelatih MU, Jose Mourinho terkesan dengan kemampuan gelandang asal Armenia itu selama membela Dortmund.

Sebagai seorang gelandang, Mkhitaryan terbilang produktif bersama Die Borussen. Dari 106 pertandingan, pemain berusia 29 tahun itu mampu mengemas 44 gol dan 23 assist. Ia jadi aktor di balik kesuksesan Dortmund tampil kompetitif sejak musim 2013/2014.

Sayang, sejak hijrah ke MU, sinar Mkhitaryan justru meredup. Pelatih Jose Mourinho lebih banyak mencadangkan Mkhitaryan. Meski melakoni 63 laga, kesempatan yang didapat juga lebih banyak sebagai pemain pengganti.

"Semua orang tahu Arsenal memainkan sepak bola yang ofensif dan saya menyukai gaya sepak bola ofensif. Di Manchester, kami juga bermain sepak bola ofensif, tapi tidak di setiap pertandingan. Jadi sangat berbeda," ungkap Mkhitaryan, dilansir Sky Sports.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sindir Mourinho

Pada akhirnya, Mkhitaryan menjadi bagian dalam proses pertukaran Alexis Sanchez ke MU pada Januari ini. Banyak yang menilai bahwa pertukaran tersebut lebih menguntungkan Setan Merah ketimbang Mkhitaryan. Namun, melihat statistiknya hingga kini, Mkhitaryan justru kembali menemukan kepercayaan dirinya.

Meski hasil yang didapat The Gunners belakangan ini terbilang mengecewakan, Mkhitaryan tetap mampu unjuk gigi. Sudah lima assist yang diciptakannya hanya dari enam pertandingan.

"Saya tak ingin menyalahkan siapa pun karena setiap manajer memiliki filosofi yang berbeda. Mungkin saya tidak cocok dengan sepak bola Manchester. Saya selalu menyukai cara bermain Arsenal dan cara Arsene Wenger mengelola tim," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Rapor Mkhitaryan di Setiap Klub

Pyunik Erewan: 11 gol dari 12 laga

Metalurh Donetsk: 16 gol dan 11 assist dari 44 laga

Shakhtar Donetsk: 44 gol dan 23 assist dari 106 laga

Borussia Dortmund: 41 gol dan 49 assist dari 140 laga

Manchester United: 13 gol dan 11 assist dari 63 laga

Arsenal: 0 gol dan 5 assist dari 6 laga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepak bola profesional posisi gelandang di klub Inggris Manchester United.
    Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepak bola profesional posisi gelandang di klub Inggris Manchester United.

    Henrikh Mkhitaryan

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU