Belum Pikirkan Arsenal, AC Milan Fokus Kalahkan AS Roma

Oleh Liputan6.com pada 25 Feb 2018, 15:15 WIB
Diperbarui 25 Feb 2018, 15:15 WIB
AC Milan-Gennaro Gattuso

Liputan6.com, Roma - Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso mengingatkan anak-anak asuhnya untuk fokus menghadapi AS Roma dalam lanjutan Serie A giornata 26, Minggu malam (25/2/2018). Gattuso ingin timnya lupakan Arsenal lebih dulu.

Seperti diketahui, hasil undian babak 16 besar Liga Europa mempertemukan AC Milan dengan Arsenal. Sejak awal, kedua tim disebut-sebut sebagai calon juara Liga Europa. Rossoneri memang akan menghadapi laga- laga berat dalam dua pekan ke depan.

Setelah menghadapi AS Roma di Serie A, mereka akan kembali bertandang ke Stadion Olimpico untuk bertarung dengan Lazio dalam leg kedua Semi Final Coppa Italia, Kamis (1/3/2018). Setelah itu, AC Milan akan bersua Arsenal pada 9 Maret mendatang.

Konsistensi Leonardo Bonucci dan kawan-kawan pun diuji. "Hari ini, saya cuma ingin berbicara tentang Roma. Apa pun yang ada belakang tidak penting saat ini," ujar Gattuso saat konferensi pers, seperti dilansir Football Italia.

AS Roma sempat mengalami keterpurukan kurun periode 20 Desember hingga 28 Januari lalu, sebelum akhirnya kembali memetik kemenangan dalam tiga laga terakhir. Akan tetapi, konsistensi I Giallorossi masih dipertanyakan usai mereka takluk 1-2 dari Shakhtar Donetsk di leg 1 babak 16 besar Liga Champions.

2 dari 4 halaman

Masalah untuk AC Milan

AS Roma
AS Roma ( Filippo MONTEFORTE / AFP)

"Hasil yang diraih Roma barangkali memang menunjukkan bahwa mereka tidak dalam kondisi bagus. Akan tetapi, di babak pertama mereka memasung Shakhtar Donetsk dan mereka memainkan sepak bola yang luar biasa," kata Gattuso.

Di pertemuan pertama musim ini, AC Milan kalah 0-2 di markasnya sendiri di San Siro. Ketika itu, Leonardo Bonucci dan kawan- kawan masih dilatih oleh Vincenzo Montella.

"Roma memiliki kualitas yang luar biasa. Di tengah, mereka punya banyak gelandang bagus dan itu bisa membuat masalah bagi kami. Kami harus menerapkan strategi khusus untuk meraih kemenangan," tutur Gattuso.

3 dari 4 halaman

Cutrone Starter

AC Milan
Penyerang AC Milan, Patrick Cutrone beraksi saat melawan SPAL di Stadio Paolo Mazza. (Serena Campanini/ANSA via AP)

Menurut laporan Sky Sport Italia, pada laga kali ini Gattuso lebih memilih memainkan Patrick Cutrone sebagai starter ketimbang Nikola Kalinic. Nama terakhir sudah pulih dari cedera tapi tetap akan dicadangkan.

"Saya sudah tentukan siapa yang akan jadi starter, tapi saya tidak bilang siapa orangnya," ucap Gattuso.

"Satu-satunya yang absen karena masalah kebugaran hanya Luca Antonelli. Namun, semua pemain tetap ikut berangkat ke Roma sehingga kami bisa berkumpul bersama. Dia bisa menjalani perawatan di sana," jelas Gattuso.

4 dari 4 halaman

Butuh Dukungan Fans

AC Milan Berjaya di Markas Ludogorets
Para Pemain AC Milan (AP Photo)

AC Milan sudah tak terkalahkan dalam sepuluh laga terakhir di semua kompetisi. Khusus di Serie A, mereka meraih lima kemenangan dan dua hasil imbang dari tujuh pertandingan terakhir. Kebangkitan ini, menurut Gattuso, tidak terlepas dari dukungan para fans.

"Kami telah membangkitkan semangat para fans. Di dua bulan pertama fans kami yang datang mencapai 50 ribu orang, lalu tiba-tiba mereka berkurang. Sekarang, kami harus terus melaju. Milan butuh pendukungnya saat ini," ujar Gattuso. (Abul Muamar)

Lanjutkan Membaca ↓