Sukses

5 Peristiwa Mengejutkan pada Putaran Kelima Piala FA

Ada beberapa peristiwa yang mencengangkan yang terjadi pada laga-laga putaran kelima Piala FA?

Jakarta - Putaran kelima Piala FA, kecuali laga Manchester City kontra Wigan Athletic, telah digelar pada Sabtu dan Minggu (18/2/2018). Babak kelima tersebut diwarnai beberapa momen yang menarik perhatian. 

Satu di antara kejadian yang paling disorot adalah ketika Manchester United menang 2-0 atas Huddersfield, di Stadion John Smith's. Laga itu menuai perdebatan karena gol Juan Mata dianulir wasit Kevin Friend karena dianggap dalam posisi offside.

Friend tidak mengesahkan gol Mata setelah melihat tayangan ulang menggunakan VAR. Namun, sikap sang wasit memantik kontroversi karena pemain Spanyol itu tidak terperangkap offside jika menilik dari sudut pandang lain.

Peristiwa itu membuat sejumlah pihak tercengang karena VAR justru membuat Manchester United dirugikan. Manajer Jose Mourinho meminta kepada lembaga terakit untuk melakukan evaluasi agar situasi serupa tidak terulang.

Manchester United bukanlah satu-satunya tim yang menarik atensi publik ketika melakoni putaran kelima Piala FA. Setidaknya, ada empat momen mencengangkan lain. Berikut ini adalah ulasannya: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Melempemnya Tottenham Hotspur

Publik dibuat kagum ketika Tottenham Hotspur bermain 2-2 melawan Juventus, di Stadion Allianz, Selasa (13/2/2018). Padahal, Spurs sempat tertinggal lebih dulu dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions tersebut.

Hasil imbang melawan Juventus membuat Tottenham Hotspur menjadi unggulan menjelang bersua Rochdale di putaran kelima Piala FA. Maklum saja, lawan Harry Kane dan kawan-kawan kali ini adalah tim juru kunci liga kasta ketiga Inggris.

Akan tetapi, anggapan publik meleset. Anak-anak asuh Keith Hill itu tampil mengejutkan karena berhasil menahan tim tamu dengan skor 2-2. Spurs terpaksa menjalani laga kedua, di Stadion Wembley, untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke fase selanjutnya.

3 dari 5 halaman

Magis Willian

Chelsea meraih kemenangan 4-0 ketika menjamu Hull City di Stadion Stamford Bridge. Willian berhasil menjadi bintang karena mendulang dua gol dalam pertandingan putaran kelima Piala FA tersebut.

Willian sejatinya bisa mencatatkan hattrick andai bola hasil sepakannya tidak dimentahkan kiper Hull City, David Marshall, pada pertengahan babak kedua.

Meski demikian, kejadian itu tidak menyurutkan niat Conte menyanjung penampilan pemain Brasil tersebut. "Performa Willian sangat luar biasa. Saya berharap dia bisa terus tampil gemilang."

4 dari 5 halaman

Olivier Giroud Menunjukkan Taji

Willian bukanlah satu-satunya penggawa Chelsea yang menuai sorotan positif ketika mengalahkan Hull City. Olivier Giroud juga menjadi buah bibir karena menorehkan satu gol dan dua assist.

Kinerja Giroud sekaligus menepis segala kritikan yang sempat disematkan kepadanya. Bomber Prancis itu membuktikan layak menjadi bagian dari skuat Antonio Conte.

Giroud membuat Conte semakin leluasa memilih komposisi pemain yang tepat menjelang laga leg pertama 16 besar Liga Champions melawan Barcelona, di Stadion Stamford Bridge, Selasa (20/2/2018).

5 dari 5 halaman

John Evans

West Bromwich Albion menjalani momen sulit pada akhir pekan lalu. Keempat pemain andalan seperti John Evans, Gareth Barry, Boaz Myhill, dan Jake Livermore, dituding terlibat insiden pencurian taksi ketika menjalani pemusatan latihan di Barcelona.

Kejadian bermula ketika mereka ingin keluar mencari makan pada pukul 05.30 pagi waktu Barcelona. Keempat pemain tersebut ingin memesan taksi, tetapi belum tersedia karena waktu terlalu pagi.

Evans dan kawan-kawan pun menemukan taksi kosong dan langsung mengendarainya menuju restoran cepat saji. Setelah sarapan, mereka mengembalikan taksi itu ke tempat semula, tetapi sudah banyak polisi karena mendapat laporan kehilangan.

Keempat penggawa West Brom itu meminta maaf atas peristiwa memalukan tersebut. Namun, Evans membayar mahal kecerobohannya karena dilengserkan dari posisi kapten tim.

Situasi semakin memburuk bagi West Brom karena terdepak dari Piala FA akibat takluk 1-2 dari Southampton.

Sumber: Mirror

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.