Legenda Barcelona Sindir Kemenangan Real Madrid atas PSG

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 18 Feb 2018, 20:50 WIB
Diperbarui 20 Feb 2018, 20:13 WIB
Dwigol Ronaldo Bawa Real Madrid Kalahkan PSG

Liputan6.com, Barcelona - Real Madrid mencatatkan kemenangan 3-1 atas Paris Saint-Germain (PSG) di Estadio Santiago Bernabeu pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, 15 Februari 2018. Pada laga itu, Los Blancos, julukan Real Madrid, sempat tertinggal lebih dahulu melalui gol Adrien Rabiot.

Namun Los Blancos mengejar ketertinggalan hingga membalikkan keadaan. Tim besutan Zinedine Zidane itu mencetak tiga gol balasan melalui Cristiano Ronaldo (dua gol) dan Marcelo.

Kemenangan Real Madrid dinilai tak layak oleh legenda Barcelona, Xavi Hernadez. Menurutnya, Los Blancos tak pantas mencatatkan kemenangan karena bermain negatif.

Xavi memberikan penilaian tersebut setelah melihat statistik Los Blancos yang tidak mendominasi permainan. Real Madrid hanya menguasai ball possession sebanyak 50 persen.

"Apakah Real Madrid lebih superior daripada PSG? Bagi saya, tidak. Mereka tidak peduli tentang superior atau tidak, mendominasi atau didominasi. Filosofi mereka cuma ingin menang, sesederhana itu," kata Xavi, dikutip dari So Foot.

2 of 3

Tidak Adil

Dwigol Ronaldo Bawa Real Madrid Kalahkan PSG
Gelandang Paris Saint-Germain, Marco Verratti berebut bola dengan pemain Real Madrid, Toni Kroos pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (14/2). Real Madrid menaklukkan PSG 3-1. (CURTO DE LA TORRE/AFP)

Mantan gelandang Timnas Spanyol itu melanjutkan, hasil akhir di Santiago Bernabeu tidak adil bagi PSG. Terlebih lagi, Neymar dan kawan-kawan tampil menyerang hingga memiliki 11 peluang mencetak gol, lima di antaranya on target.

"Rasanya tidak adil. PSG kalah dengan margin yang cukup besar. Padahal, laga ini seharusnya berakhir dengan skor 1-1, 2-2, atau kemenangan 2-1 untuk PSG," ujar Xavi.

"Ini sulit dipahami. Real Madrid tidak bermain (cuma bertahan), tapi bisa menang. Di laga ini, ada beberapa momen di mana PSG sangat mendominasi laga dan seharusnya bisa mencetak gol kedua," katanya.

3 of 3

Kekuatan Real Madrid

Dwigol Ronaldo Bawa Real Madrid Kalahkan PSG
Pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (14/2). Dua dari tiga gol Real Madrid disumbangkan Ronaldo. (AP/Paul White)

Namun, Xavi mengatakan, Los Blancos memiliki kekuatan aneh yang bisa membuat tim mereka memenangkan pertandingan. Xavi menyebut Real Madrid bisa membunuh lawannya bila tidak konsentrasi selama 90 menit.

"Madrid punya sesuatu. Melawan mereka, Anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan, jika tidak mereka akan menghukum Anda,” kata Xavi.

"Tapi yang paling buruk adalah, Madrid bisa melukai Anda tanpa berusaha apa pun. Sebuah serangan balik sudah cukup untuk membawa pulang kemenangan. Sial!" ujarnya mengakhiri.

Lanjutkan Membaca ↓