Sukses

Alasan Bobotoh Raih Predikat Suporter Terbaik Piala Presiden

Bobotoh memberikan dukungan maksimal meski Persib langsung tersisih sejak grup.

Liputan6.com, Jakarta - Pendukung Persib Bandung, bobotoh, meraih predikat suporter terbaik di Piala Presiden 2018. Mereka berhasil mengalahkan dua kandidat lain.

Bobotoh mengungguli pendukung Arema FC, Aremania, dan militan Persebaya Surabaya, bonek. Ada beberapa pertimbangan yang membuat bobotoh menyabet trofi suporter terbaik.

Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden, Maruara Sirait mengungkapkan alasan pihaknya menunjuk bobotoh sebagai suporter terbaik. Salah satunya ialah sikap santun yang diperlihatkan bobotoh saat mendukung Persib di babak grup.

Langkah Persib harus terhenti di putaran itu. Tim berjuluk Pangeran Biru itu kalah bersaing dengan Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

“Pertimbangannya karena Persib menjadi tuan rumah di babak penyihan grup. Bobotoh menerima kekalahan Persib dengan sportif,” ujar Maruara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Nama Jakmania

Dari deretan pendukung yang masuk nominasi suporter terbaik, tidak ada nama suporter Persija, Jakmania. Padahal, fans tim berjuluk Macan Kemayoran itu juga berlaku sportif sepanjang turnamen pramusim ini.

Jakmania setia menemani Persija selama mengarungi babak grup di Bali. Tidak hanya itu, Jakmania juga berkekuatan penuh mendukung Macan Kemayoran di babak delapan besar dan semifinal.

Pada partai final, Jakmania turut membanjiri Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Pada partai ini, Persija berhasil menang 3-0 atas Bali United dan keluar sebagai kampiun.

3 dari 3 halaman

Perbincangan Hingga Dini Hari

Setelah Persib dipastikan terhenti di babak grup, Ara melihat bobotoh tetap menerima fakta tersebut dengan lapang dada. Bahkan, Ara menggelar perbincangan dengan Manajer Persib, Umuh Muchtar hingga dini hari WIB.

“Sekali lagi, penunjukkan bobotoh sebagai suporter terbaik karena merea santun. Ukurannya seperti itu,” tutup Maruara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.