Sukses

Kapolri Dukung Persija Juara Piala Presiden

Persija bertemu Bali United di partai final.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mendukung Persija Jakarta untuk keluar sebagai kampiun Piala Presiden 2018. Pada partai puncak, tim berjuluk Macan Kemayoran itu akan berhadapan dengan Bali United pada Sabtu (17/2/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Bukan tanpa sebab Tito menjagokan Persija untuk meraih gelar juara. Pasalnya, Macan Kemayoran memiliki basis massa suporter yang besar, terlebih bermain di kandang sendiri.

Suporter Persija, Jakmania pasti bakal berbondong-bondong dengan kekuatan puluhan ribu untuk menonton di SUGBK. Supaya meminimalisir potensi kericuhan, Tito berharap Persija dapat memenangkan pertandingan.

Tito berkaca pada perhelatan Piala Presiden edisi pertama pada 2015 lalu. Kala itu, Tito memfavoritkan Persib dibanding Sriwijaya FC.

"Tapi menimbang keamanan, sepertinya lebih baik Persib yang juara untuk menghindari potensi kerusuhan suporter. Nah, tahun ini semoga Persija juaranya," ujar Tito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkaca Bobotoh

Tito juga mengimbau Jakmania untuk bersikap sportif menerima apapun hasil pertandingan final. Mantan Kapolda Metro Jaya ini menjadikan suporter Persib, Bobotoh, sebagai contoh.

Di Piala Presiden 2018, langkah Persib terhenti di babak penyisihan. Tito menganggap Bobotoh berlaku santun menerima kenyataan.

"Teman-teman Jakmania, bisa berkaca kepada Bobotoh, kalah di kandang tidak marah-marah. Kalau kalah, jangan marah-marah," ujar Tito.

3 dari 3 halaman

Peringatan untuk Jakmania

Selain itu, Tito juga meminta Jakmania untuk tidak memprovokasi rekan-rekannya, apalagi hingga suporter lawan. Kalau nantinya Persija kalah, Tito tidak ingin Jakmania berbuat anarkistis.

"Teman di lapangan jangan mancing-mancing dan terbawa arus. Boleh gembira, tapi jangan memancing suporter lain, karena itu menyangkut psikologis massa, kalau massa maka psikologi akan hilang. Lempar, ikut lempar. Teman-teman diharapkan menjaga itu," pungkas Tito.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.