3 Pemain Termahal di Bursa Transfer Januari 2018

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 01 Feb 2018, 06:48 WIB
Diperbarui 03 Feb 2018, 06:13 WIB
Gorilasport Alexis 1

Liputan6.com, Manchester - Bursa transfer musim dingin kali ini dipenuhi banyak kejutan. Manchester United (MU) dan Arsenal misalnya. Kedua klub asal Inggris itu sepakat melakukan pertukaran pemain.

Setan Merah, julukan MU, resmi mendapat Alexis Sanchez di bursa transfer musim dingin ini. Untuk mendapatkan pemain asal Chile tersebut, manajemen MU harus menyerahkan Henrikh Mkhitaryan ke Arsenal.

Bersama MU, Sanchez tampil cemerlang dalam debutnya saat melawan Yeovil Town di ajang Piala FA, pekan lalu. Sanchez menyumbang satu assist saat Setan Merah menang 4-0.

Selain itu, ada tiga pemain yang dibeli dengan mahar sangat mahal pada bursa transfer Januari 2018. Siapa saja mereka?

2 of 4

Philippe Coutinho

Barcelona resmi memboyong Philippe Coutinho dari Liverpool pada bursa transfer Januari 2018. Untuk mendapatkan pemain asal Brasil tersebut, Barcelona harus menyerahkan mahar sebanyak 160 juta euro (Rp 2,6 triliun).

Keputusan Barcelona mengeluarkan dana 160 juta euro membuat Coutinho jadi pemain tanpa klausul kontrak paling mahal yang direkrut sebuah klub. Pada musim panas lalu, Neymar hengkang ke PSG setelah mengaktifkan klausul pelepasan kontrak 222 juta euro di Barcelona dan kedatangan Mbappe dari AS Monaco ke PSG.

Pria berusia 25 tahun itu menjadi pemain termahal di bursa transfer musim dingin ini. Coutinho memutuskan hengkang ke Barcelona setelah bermain selama empat setengah tahun di Liverpool. Sepanjang musim ini, Coutinho sudah mencetak 12 gol dalam 18 pertandingan di Liverpool.

3 of 4

Virgil van Dijk

Sebelum melepas Coutinho, Liverpool memboyong Virgil van Dijk dari Southampton. Manajer The Reds, Jurgen Klopp mengakui harga transfer Virgil van Dijk sebesar 75 juta pounds (Rp 1,4 triliun),

Nilai tersebut membuat pemain 26 tahun itu mengalahkan banderol Benjamin Mendy yang dibeli Manchester City dari AS Monaco, dengan harga 52 juta poundsterling (Rp 950 miliar).

Sebenarnya, The Reds mengajukan pembelian Van Dijk seharga 60 juta pound sterling. Tapi mereka memilih menaikkan tawaran. Manuver ini membuat peminat Van Dijk lain yakni Chelsea dan Manchester City, mundur. Meski begitu, The Reds tetap menjaga ketertarikan.

Mereka kembali mengajukan proposal, kali ini lebih tinggi, untuk bursa transfer Januari. Southampton pun menerima karena mendapat dana ekstra.

4 of 4

Pierre-Emerick Aubameyang

Rabu (31/1/2018), Arsenal mendapatkan tanda tangan striker Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang. Untuk mendapatkan Aubameyang, Arsenal harus memecahkan rekor transfer termahal mereka. Konon Meriam London menyerahkan mahar 60 juta pound sterling (Rp 1,1 triliun) kepada Dortmund.

"Aubameyang resmi bergabung bersama kami dari Dortmund. Dia meneken kontrak jangka panjang dan memecahkan rekor transfer klub," demikian pernyataan resmi Arsenal.

Aubameyang menjadi rekrutan kedua tim asuhan Arsene Wenger di bursa transfer Januari 2018. Sebelumnya Arsenal mendapatkan winger Henrikh Mkhitaryan.

Mkhitaryan didapat Arsenal dari Manchester United. Pria Armenia itu merupakan hasil barter dengan Alexis Sanchez yang pindah ke MU.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by