FIFA: Indonesia Wakil Perdana Asia di Piala Dunia

Oleh Muhammad Ivan Rida pada 29 Jan 2018, 19:08 WIB
FOTO CERITA: Rumah itu Bernama Gelora Bung Karno

Jakarta - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), melalui akun Twitter resminya, mengakui Indonesia sebagai wakil pertama dari benua Asia yang mengkuti turnamen Piala Dunia.

Baru-baru ini FIFA menggelar sesi tanya jawab seputar Piala Dunia yang ditujukan kepada publik melalui media sosial Twitter. Salah satu pihak pun menanyakan soal tim pertama dari benua Asia yang menembus Piala Dunia.

FIFA lantas menyebut Dutch East Indies (Hindia Belanda) atau dikenal sebagai Indonesia dalam era saat ini. Pada 1938, skuat Tanah Air bisa melaju ke Piala Dunia karena Jepang mengundurkan diri akibat perang yang masih berkecamuk.

Ketika itu, FIFA hanya memberikan satu tempat kepada negara Asia untuk tampil di Piala Dunia, mengingat hanya ada dua negara yang memperebutkan slot tersebut.

Akan tetapi, Indonesia tidak dapat berbicara banyak dalam Piala Dunia yang dihelat di Prancis tersebut. Mereka takluk 0-4 ketika bersua wakil Eropa, yakni Hungaria, 5 Juni 1938.

Gelontoran empat gol Hungaria ke gawang Indonesia dicetak oleh Vilmos Kohut pada menit ke-14, Geza Toldi (16'), Gyorgy Sarosi (25'), dan Gyula Zsengeller (30').

Sumber: FIFA

Sumber: bola.com