Sukses

Stoner: Motor Ducati di MotoGP 2018 Tanpa Kelemahan

Stoner menyebut Ducati telah melakukan perbaikan besar untuk MotoGP 2018.

Liputan6.com, Sepang - Meski telah menjadi tim papan atas di MotoGP, Ducati tetap memiliki kelemahan. Mereka boleh saja melaju kencang di lintasan lurus. Namun, mereka juga dikenal sebagai motor yang memiliki kecepatan buruk saat melewati tikungan.

Kelemahan itu yang membuat Jorge Lorenzo gagal mengukir hasil memuaskan pada MotoGP 2017. Sepanjang musim lalu, tak satu pun kemenangan yang didapat. Maklum, Lorenzo dikenal sebagai pembalap yang memiliki keunggulan pada tikungan.

Bahkan, Andrea Dovizioso yang menjalani musim terbaiknya juga mengeluhkan hal tersebut. Keluhan itu muncul usai balapan MotoGP Australia 2017 di Sirkuit Phillip Island, 22 Oktober 2017. Saat itu, semua pembalap dengan motor Ducati terlempar dari 10 besar.

Hal itu pula yang menjadi fokus Ducati dalam persiapan membangun motor untuk MotoGP 2018. Kebetulan, Casey Stoner menjadi pembalap pertama Ducati yang berkesempatan menjajal GP18. Dari hasil uji cobanya, ia mendapatkan perasaan yang positif.

"Kesimpulan saya adalah kami telah melakukan beberapa langkah maju dalam sasis dan beberapa hal mengenai mesin. Sejauh ini semuanya positif, kami belum menemukan hal yang negatif," kata Stoner, dilansir Motorsport.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunggu Respon

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, saat memperkenalkan motor Desmosedici GP18 yang bakal dipakai pada MotoGP 2018. (Twitter/Ducati)

Pengoleksi dua gelar juara dunia MotoGP itu adalah salah satu dari beberapa pembalap yang mengukit tes tertutup selama tiga haru sebelum dimulainya tes pramusim resmi. Ia berbagi tugas dengan pembalap penguji lain Ducati, Michelle Pirro.

Awalnya, ia dijadwalkan menguji GP18 pada Rabu dan Jumat. Tapi, kondisi cuaca yang tak mendukung membuat Stoner baru bisa mengujinya pada Kamis dan Jumat. Dari hasil tes itu, Stoner pun tak sabar mendengar pendapat Lorenzo dan Dovi soal GP18.

"Saya harus katakan bahwa kami akan menuju arah yang tepat. Mulai sekarang, ini hanya masalah untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dan bergerak ke depan. Saya tak sabar untuk tahu apa yang dipikirkan Jorge dan Dovi soal motor baru setelah mencobanya. Memperbaiki titik lemah di masa lalu akan menjadi langkah besar," tegas Stoner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini