Timnas Indonesia U-16 Seleksi Pemain di Turnamen Jenesys

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 26 Jan 2018, 10:58 WIB
Timnas Indonesia U-16, PSSI, Timnas Indonesia

Jakarta Timnas Indonesia U-16 akan mengikuti turnamen Jenesys di Jepang pada 8-12 Maret 2018. Pelatih Tim Garuda Asia, Fakhri Husaini, tidak menetapkan target apa pun dalam turnamen tersebut dan justru menganggapnya sebagai bagian dari latihan dan seleksi pemain yang dibutuhkan untuk Piala AFC U-16 2018 di Malaysia pada September 2018.

Timnas Indonesia U-16 dipastikan bergabung bersama Kamboja dan Filipina di Grup B turnamen Jenesys 2018 yang akan diselenggarakan di Yamazakura Kirishima Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park. Turnamen yang diikuti oleh 12 tim, di mana selain Jepang sebagai tim tuan rumah peserta lainnya adalah 11 negara Asia Tenggara, akan menjadi salah satu persiapan Tim Garuda Asia di Piala AFC U-16.

Fakhri pun tak ingin membahas soal Filipina dan Kamboja yang menjadi lawan Timnas U-16 di Grup B turnamen Jenesys. Menurutnya, turnamen yang digelar di Jepang sebagai bagian dari pertukaran pelajar berbalut pertandingan sepak bola itu adalah wadah baginya untuk melakukan seleksi pemain dan memberikan pengalaman pertandingan internasional kepada anak-anak asuhnya sebelum berlaga di Malaysia.

"Saya tidak menjadikan turnamen Jenesys ini sebagai sebuah ajang untuk membidik target tertentu. Bagi kami ini bagian dari latihan, bagian dari seleksi semua pemain yang saya miliki," ujar Fakhri.

"Tentu turnamen ini bagus karena akan ada tambahan pengalaman bagi mereka untuk bermain di level internasional. Jika kami bisa lolos dari babak grup, berarti ada kesempatan untuk menambah dua pertandingan internasional lagi di turnamen tersebut. Menambah empat pertandingan level internasional akan sangat penting bagi anak-anak. Soal siapa yang menjadi lawan kami, tentu kami siap menghadapi siapa pun," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Filipina di laga pertama turnamen Jenesys 2018 yang akan digelar pada 8 Maret 2018. Keesokan harinya, Kamboja akan menjadi lawan berikut dari tim asuhan Fakhri Husaini tersebut. Dengan hanya ada empat grup yang terdiri dari tiga tim dalam masing-masing grup, hanya ada satu tim dari setiap grup yang lolos ke semifinal. Babak empat besar akan digelar pada 11 Maret dan final pada 12 Maret 2018.

Sumber: bola.com