Sukses

Timnas Indonesia U-16 Butuh Tambahan Pemain Serbabisa

Selama 8 bulan persiapan menuju Piala AFC U-16 2018, Timnas Indonesia U-16 akan tetap membuka peluang untuk kehadiran pemain baru.

Jakarta - Timnas Indonesia U-16 masih memiliki persiapan panjang menuju Piala AFC U-16 2018. Pelatih Tim Garuda Muda, Fakhri Husaini, pun menegaskan masih akan membuka peluang untuk hadirnya pemain baru sepanjang masa persiapan. Promosi dan degradasi pemain diberlakukan di sepanjang pelatnas.

Timnas Indonesia U-16 saat ini tengah melakukan pemusatan latihan perdana pada 2018. Pemusatan latihan yang dilakukan oleh tim asuhan Fakhri Husaini itu dilakukan untuk mempersiapkan diri berlaga di Piala AFC U-16 2018 yang akan digelar di Malaysia pada September 2018.

Saat ini Fakhri Husaini memanggil 30 pemain dengan tujuh di antaranya adalah pemain-pemain baru hasil pemantauannya di Piala Soeratin U-15 dan U-17.

Meski memiliki 23 pemain yang sudah bersamanya sejak tahun lalu, Fakhri menegaskan dirinya tetap akan memberlakukan promosi dan degradasi dengan kemungkinan ada pemain berkualitas yang belum mendapatkan kesempatan.

Baca Juga

  • Timnas Indonesia U-16 Butuh Latihan Lebih Intens
  • Timnas Indonesia U-16 Berlaga di Jepang
  • Fakhri Husaini Ingin Timnas Indonesia U-16 ke Piala Dunia

"Tentu masih ada. September itu masih ada sekitar 8 hingga 9 bulan lagi. Saya masih punya waktu untuk memilih pemain. Promosi dan degradasi itu pasti ada karena saya yakin ada beberapa pemain lain yang mungkin saat kami pantau kemarin belum memperlihatkan penampilan terbaik," ujar Fakhri Husaini usai pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-16 dengan Bina Sentra Cirebon di Stadion Atang Sutresna, Kompleks Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (25/1/2018) siang.

"Kami juga masih memiliki data 55 pemain yang sudah mengikuti seleksi nasional. Mereka pun masih punya kesempatan. Justru kesempatan mereka sangat besar karena jika kemarin mereka tidak terpilih tentu kini akan berlatih serius. Saya yakin akan ada perubahan," lanjutnya.

Namun, Fakhri juga menegaskan pemain yang masih dicarinya tidak dalam jumlah yang banyak. Pelatih asal Lhokseumawe. Aceh itu menegaskan sudah memiliki core team dan hanya membutuhkan beberapa pemain sebagai pelapis atau pemain yang mampu bermain di dua atau tiga posisi berbeda.

"Tentu saja syaa tidak akan banyak melakukan pembongkaran karena memang tim inti sudah kelihatan, sudah terbentuk. Saya hanya butuh pemain yang siap berkompetisi untuk memperebutkan satu tempat," ujar Fakhri Husaini.

"Saya juga butuh pemain yang bisa bermain untuk dua atau tiga posisi, seperti misalnya bek kanan yang bisa bermain sebagai stoper dan gelandang bertahan. Artinya saya punya satu pemain seperti memiliki tiga pemain," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-16 lolos ke Piala AFC U-16 2018 sebagai juara Grup G di turnamen kualifikasi yang digelar di Thailand pada September 2017. Berada satu grup bersama Thailand, Timor Leste, Laos, dan Kepulauan Mariana Utara, Hamsa Lestaluhu meraih empat kemenangan sempurna. Namun, di putaran final Piala AFC U-16 2018 yang akan digelar di Malaysia, Timnas Indonesia U-16 menempati pot keempat untuk pengundian.

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.