Sukses

Ini Penyebab Kekalahan Telak Indonesia Selection dari Islandia

Selain persiapan yang minim, perubahan hal teknis menjadi penyebab Indonesia Selection kalah 0-6 dari Timnas Islandia.

Liputan6.com, Sleman - Pelatih Indonesia Selection Robert Rene Alberts mengungkapkan sejumlah fakta yang membuat anak asuhnya dibantai 0-6 oleh Timnas Islandia dalam laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (11/1/2018) malam.

Pertandingan Indonesia Selection kontra Islandia sempat dihentikan selama 15 menit. Ini disebabkan hujan deras disertai kilat yang melanda lapangan.

"Selain persiapan minim, juga ada perubahan hal teknis, seperti pergantian pemain yang dibatasi enam kali," kata Robert dalam jumpa pers seusai pertandingan.

Persiapan minim yang dimaksud adalah tim dibentuk dari polling dan hasil pilihan suporter. Mereka tidak punya banyak waktu berlatih. Bahkan, Rene mengatakan ada tiga orang pemain dari Madura yang baru datang pada hari H.

Ia memiliki keinginan semua pemain Indonesia Selection turun ke lapangan lewat pergantian pemain. Tapi, hal itu tidak dapat dilakukannya. "Kondisi fisik yang tidak maksimal dan pemain tidak bisa diganti lagi," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ubah Taktik

Indonesia Selection kalah 0-6 dari Timnas Islandia dalam laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (11/1/2018). (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Hujan deras yang mengguyur pada awal babak kedua memaksa Robert mengubah taktik bermain. Semula, ia meminta Ponaryo Astaman dan kawan-kawan memainkan umpan-umpan pendek. Namun, kondisi lapangan yang becek memaksa mereka untuk melepaskan umpan-umpan panjang.

"Itu menguntungkan Islandia karena bermain dengan umpan panjang membuat tim sulit berkembang," ucap Rene.

Meski demikian, ia mengacungkan jempol kepada skuat Indonesia Selection karena sudah berupaya keras. Tak lupa, dia juga mengapresiasi permainan Islandia. "Semoga Islandia bisa sukses di piala dunia," kata Rene.

3 dari 3 halaman

Setengah Lusin

Indonesia Selection harus mengakui keunggulan Timnas Islandia. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan menyerah enam gol tanpa balas.

Ilsandia membuka keunggulan di menit ke-30 melalui tendangan salto Bjarnasson. Sundulan Floki Finnbogasson di awal babak kedua membawa Islandia unggul 2-0.

Timnas Islandia menambah gol pada menit ke-65 setealh Magnus Karlsson memanfaatkan kemelut di kotak penalti. Tiga menit berselang, gawang Indonesia Selection yang dikawal Rifky Mokodompit dijebol Haraldsson.

Kesalahan Rifky dalam mengantisipasi umpan lambung di menit ke-79 dimanfaatkan Hermansson  untuk menambah keunggulan Islandia. Eyjolfsson mencetak gol keenam di menit ke-80 untuk membawa Islandia menang 6-0.

(Switzy Sabandar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.