Sukses

Menanti Manuver Madrid Sambut Kehadiran Coutinho di Barca

Barcelona berusaha menemukan kepingan yang hilang dengan mendatangkan Philippe Coutinho.

Liputan6.com, Jakarta Saga Philippe Coutinho berakhir. Liverpool akhirnya menyerah kepada godaan yang dilancarkan Barcelona sejak bursa transfer musim panas lalu. The Reds luluh dan setuju melepas pemain asal Brasil itu saat bursa transfer tengah musim baru seumur jagung. 

Coutinho resmi pindah ke Barcelona, Minggu (7/12/2018) waktu setempat. Barcelona menembus pemain 25 tahun itu dengan harga  £142 juta pound sterling atau setara Rp 2,6 Triliun. Rinciannya, 120 juta euro transfer plus 40 juta euro berupa bonus dan lainnya.

Kehadiran Coutinho, jadi pelengkap skuat Barca yang hilang akibat kepergian Neymar. Pemain asal Brasil itu dibajak Paris-Saint Germain (PSG) dengan transfer 222 juta euro (Rp 3,6 Triliun). Angka ini meembuatnya jadi pemain termahal di dunia dan Coutinho kedua. 

Barcelona sebenarnya sempat mendatangkan Ousmane Dembele di awal musim lalu. Sayang mantan pemain Borussia Dortmund yang dibeli 96 juta pounds atau Rp 1,7 Triliun itu harus menderita cedera panjang. Dembele dikabarkan baru bisa kembali bermain lagi saat Barcelona melawan Levante di Camp Nou pada Minggu (7/1/2018) malam nanti.

Kejadian ini sempat membuat bingung Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona. Dia terpaksa mengubah formasi pasukannya dari 4-3-3 menjadi 4-4-2 dengan menempatkan duet Luis Suarez dan Lionel Messi di lini depan. Strategi ini berjalan cukup baik bagi Barcelona. Terbukti Barca masih memimpin klasemen La Liga dengan 48 poin dari 18 laga. 

Barcelona juga belum menuai kekalahan di Liga Spanyol dan juga Liga Champions. 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Tentukan Posisi Coutinho

Valverde sebenarnya belum menentukan posisi Coutinho. Sebab, menurutnya Coutinho bisa dimainkan di berbagai posisi.

"Saya telah melihat Coutinho bermain di kanan, kiri, dan juga tengah, sebagai penyerang dan bermain di tengah untuk Liverpool dan timnas Brasil. Dia memiliki fleksibilitas itu dan kami akan mengambil keuntungan darinya," kata Valverde seperti dikutip ESPN, Senin (8/1/2018)

"Jadi, saya akan segera memutuskan (di mana dia akan bermain). Namun, saya bisa memastikan dia tidak akan bermain di bawah mistar gawang," ucap Valverde sembari tertawa.

Sepanjang karier, Coutinho kerap bermain di sektor sayap kiri. Coutinho tercatat tampil 117 dan mencetak 37 gol dan 29 assist di posisi tersebut.

Namun, Ernesto juga punya opsi lain untuk memainkan Coutinho di posisi gelandang serang. Sebab, dalam 98 laga sebagai gelandang serang, Coutinho mampu mencetak 18 gol dan 29 assist.

Di posisi sayap kiri, Philippe Coutinho bakal bersaing dengan Arda Turan, Denis Suarez, dan Ousmane Dembele. Adapun untuk menghuni posisi gelandang serang, Coutinho bakal bersaing dengan Ivan Rakitic dan Rafinha.

3 dari 3 halaman

Bagaimana Real Madrid?

Meski baru mendaratkan satu pemain di musim dingin, Barcelona setidaknya punya keinginan kuat untuk menambal celah di lini depan usai ditinggal Neymar. Menjadi pimpinan klasemen juga tidak membuat Barcelona terlena dan membiarkan posisi tersebut kosong. 

Langkah Barcelona berbeda dengan rival abadinya, Real Madrid. Zinedine Zidane sebagai pelatih Los Blancos, masih bergeming. Mantan pemain Timnas Prancis itu belum juga menunjukkan gairah menambah amunisi pada bursa transfer musim dingin ini. 

Padahal pasukannya tengah teresok-seok di La Liga. Real Madrid sejauh ini berada di urutan keempat klasemen sementara usai ditahan imbang Celta Vigo 2-2, Minggu lalu. Dengan hasil imbang ini, Madrid kini mengoleksi 32 poin dari 17 laga atau terpaut 16 poin dari Barcelona. 

Dengan kondisi ini, tentu saja berat bagi Real Madrid untuk mempertahankan gelar La Liga. 

Sejumlah nama sebenarnya dikaitkan dengan Madrid. Mereka adalah kiper Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga, duo Chelsea, Thibaut Courtois dan Eden Hazard, serta bintang Tottenham, Harry Kane, dan yang lainnya. Namun semua itu masih dimentahkan Zidane.  

"Tidak, untuk saat ini saya tidak mau satupun," katanya seperti dilansir Soccerway. 

"Hingga 31 (Januari) kita lihat saja, tapi untuk saat ini tidak, kenapa? Sebab saya sangat senang dengan skuat yang ada," kata Zidane. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Philippe Coutinho Correia adalah pesepak bola profesional yang saat ini memperkuat Aston Villa dan Tim Nasional Brasil
    Philippe Coutinho Correia adalah pesepak bola profesional yang saat ini memperkuat Aston Villa dan Tim Nasional Brasil

    Coutinho

  • Formasi