Sukses

Jelang Liga 1 2018, Ini Agenda Padat Persija

Persija akan tampil di ajang Suramadu Super Cup, Kuala Lumpur, dan Piala Presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Belum genap sebulan menggelar latihan, Persija Jakarta telah dihadapi agenda padat. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu akan mengikuti tiga turnamen sekaligus sepanjang bulan ini.

Pertama, Persija bakal turun bertanding di Suramadu Super Cup (SSC) 2018 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura. Bersama tuan rumah Madura United, Macan Kemayoran juga akan bertemu Persela Lamongan dan Kedah FA (Malaysia).

Perhelatan itu berlangsung pada 8, 9, dan 12 Januari. Khusus pada hari terakhir turnamen, kekuatan Macan Kemayoran sepertinya tidak akan maksimal. Sebab, Persija bakal mengikuti turnamen lainnya di waktu yang hampir bersamaan.

Macan Kemayoran akan bertolak secara bertahap dari Madura menuju Kuala Lumpur, Malaysia, untuk turun di Turnamen Boost SportFix Super Cup. Ajang pramusim ini akan berlangsung pada 13-20 Januari. Lalu, tim ibu kota juga direncanakan menjadi peserta Piala Presiden 2018 yang kemungkinan bakal bergulir pada pertengahan bulan ini.

"Persija membawa 35 pemain untuk dua turnamen ini. Nantinya, sebagian pemain inti berangkat ke Malaysia. Tapi, tidak semuanya. Sisanya ditinggal di Madura untuk partai terakhir SSC," ujar Direktur Utama Persija, Gede Widiade saat dihubungi Liputan6.com, Senin (8/1/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Berhitung

Pemain asing Persija asal Kroasia, Marko Simic (kedua kiri) saat latihan di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dari 35 pemain, manajemen Persija memang sudah berhitung, mengingat ada beberapa tanggal yang bentrok dari satu turnamen ke turnamen lainnya.

Setidaknya, ada 17 pemain Persija tidak akan bermain di partai terakhir SSC melawan Persela, Jumat (12/1/2018). Ini karena mereka harus berangkat mengikuti turnamen di Malaysia, sehari sebelumnya.

"Sisanya, tujuh pemain akan menyusul ke Malaysia pada 13 Januari," kata pengusaha asal Surabaya ini.

Selain melawan Persela di SSC, Macan Kemayoran juga akan meladeni perlawanan Madura United pada Senin (8/1/2018). Selang sehari kemudian, Persija sudah ditunggu wakil Malaysia, Kedah FA.

 

3 dari 4 halaman

Maksimal di Malaysia

Pemain Persija saat latihan di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/12). Latihan ini persiapan jelang laga musim kompetisi 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gede menuturkan, Persija bukan hanya untuk mencari pengalaman berpartisipasi saja pada turnamen di Malaysia. Sebab, Macan Kemayoran akan mengangkut mayoritas pemain terbaiknya pada ajang pramusim itu.

"Yang berangkat lebih dulu ke Malaysia merupakan skuat utama. Di pertandingan terakhir SSC, kita akan kombinasikan pemain muda dan pelapis," jelas Gede.

Akan tetapi, Persija minus dua pemain selama berada di Negeri Jiran. Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanussa bakal absen lantaran memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Islandia pada Minggu (14/1/18) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Turnamen di Malaysia

13 Januari 2018 : Ratchaburi FC vs Persija Jakarta

16 Januari 2018 : Kelantan FA vs Persija Jakarta

20 Januaryi 2018 : Kelantan FA vs Ratchaburi FC

*Seluruh pertandingan akan berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

(Muhammad Adiyaksa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.