Sukses

Pirlo: Harga Transfer Coutinho Wajar

Coutinho dibeli Barcelona senilai Rp 2,6 triliun.

Liputan6.com, Milan - Andrea Pirlo membela keputusan Barcelona mengeluarkan 160 juta euro, sekitar Rp 2,6 triliun, untuk merekrut playmaker Liverpool, Philippe Coutinho.

Coutinho menjadi pemain termahal kedua dunia setelah Neymar yang bernilai 222 juta euro ketika Paris Saint-Germain menebus klausul transfernya musim panas lalu.

"Harga Coutinho sejalan dengan nilai di bursa transfer saat ini. Jika (Virgil) van Dijk bernilai 80 juta euro, maka dia dua kali lipat. Saya kira ini adil," tutur Pirlo, dilansir Football Italia.

Sebelum melepas Coutinho, Liverpool menyetor 84,5 juta euro demi mendatangkan Van Dijk dari Southampton. Di angka tersebut, Van Dijk menjadi pemain belakang termahal dunia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klausul 400 Juta Euro

Philippe Coutinho. (AFP/Josep Lago)

Barcelona berencana memperkenalkan Coutinho secara resmi ke publik Senin (8/1/2018). Pemain asal Brasil itu akan menyapa suporter di Camp Nou dan menjalani konferensi pers.

Dengan transfer 160 juta euro, Coutinho menandatangani kontrak selama lima setengah musim. Dia memiliki klausul transfer sebesar 400 juta euro.

3 dari 3 halaman

Tumbal Coutinho

Aksi mendatangkan Coutinho membuat neraca keuangan Barcelona tidak seimbang. Akibatnya, klub Catalonia itu harus menjual pemain agar tidak melanggar financial fair play. 

Barcelona masih memiliki waktu hingga 31 Januari 2018 untuk menjual pemain. "Barcelona tidak bisa lagi menghabiskan dana untuk belanja pemain di masa mendatang. Barca perlu menjual pemain," ucap pengamat sepak bola Spanyol, Guillem Balague.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemampuan umpannya yang sangat baik dan eksekusinya tendangan bebasnya yang mematikan membuat ia menjadi andalan baik bagi klub yang dibelan
    Kemampuan umpannya yang sangat baik dan eksekusinya tendangan bebasnya yang mematikan membuat ia menjadi andalan baik bagi klub yang dibelan

    Andrea Pirlo

  • Philippe Coutinho Correia adalah pesepak bola profesional yang saat ini memperkuat Aston Villa dan Tim Nasional Brasil
    Philippe Coutinho Correia adalah pesepak bola profesional yang saat ini memperkuat Aston Villa dan Tim Nasional Brasil

    Philippe Coutinho

  • Philippe Coutinho Correia adalah pesepak bola profesional yang saat ini memperkuat Aston Villa dan Tim Nasional Brasil
    Philippe Coutinho Correia adalah pesepak bola profesional yang saat ini memperkuat Aston Villa dan Tim Nasional Brasil

    Coutinho