Sinyal Pep Guardiola Akan Tinggalkan Manchester City

Oleh Nurfahmi Budi pada 06 Jan 2018, 15:07 WIB
Diperbarui 06 Jan 2018, 15:07 WIB
Phil Foden

Jakarta - Pep Guardiola belum bersedia meneken perpanjangan kontrak kerja di Manchester City. Tak heran jika beredar rumors yang menyebut Pep Guardiola akan rehat dari kursi manajer Manchester City pada akhir musim 2018-2019.

Menurut Manchester Evening News (MEN), Jumat (5/1/2018), sinyak Pep Guardiola bakal purnatugas alias pergi dari Manchester City bisa tersaji dari performa The Citizens serta ragam pendukung kontiyuitas dominasi tetangga Manchester United tersebut.

Hal itu sesuai dengan ambisi Pep Guardiola kala kali pertama datang ke Etihad Stadium. Saat itu, Pep Guardiola ingin membuat permainan Manchester City bisa dominan dan meraih banyak gelar, plus penyiapan infrastruktur penunjang pembentukan pemain muda melalui akademi sepak bola.

Bersama Txiki Begiristain, Pep Guardiola membangun dua hal secara selaras, yakni tim utama Manchester City dan akademi sepak bola. Hasilnya sudah bisa dilihat secara riil dari dua medium tersebut.

Penampilan tahun kedua Manchester City di tangan Pep Guardiola melonjak drastis. Janji Pep Guardiola agar bisa membentuk Manchester City sebagai tim yang kuat sudah terlihat dari dominasi mereka di level liga domestik.

Saat ini Manchester City menjadi pemuncak klasemen sementara Premier League 2017-2018, unggul 15 poin dari peringkat dua, Manchester United. Walhasil, melihat gelagat tersebut, banyak pihak yakin trofi juara Premiership musim ini bakal menghuni Etihad Stadium.

Hebatnya, kekuatan Manchester City berasal dari deretan anak muda yang mendapat kepercayaan tampil dari Pep Guardiola. Hebatnya, Pep Guardiola memastikan para penggawa utama Manchester City tersebut bakal bersedia berada di skuat Manchester City dalam jangka waktu lama.

"Seluruh pemain muda yang kita punya bakal bertahan. Mereka sudah saling kenal, tak sekadar antarpemain, melainkan juga sudah mengenal para pelatih, ibu dan ayah mereka. Saya yakin mereka akan tinggal bersama kita dalam jangka waktu yang lama," sebut Pep Guardiola.

 

2 dari 2 halaman

Gambaran Skuat Muda Manchester City

Mantan pelatih Bayern Munchen dan Barcelona tersebut mengungkappkan, beberapa pemain muda akan selalu menjadi tiang utama dominasi Manchester City. Selain Kevin De Bruyne (26) dan Gabriel Jesus (20), sederet penggawa lain sudah siap memerpanjang kontrak.

Musim ini, Pep Guardiola sudah menggunakan seluruh pemain yang didaftarkan ke otoritas resmi, baik di liga domestik maupun Liga Champions. Sebagian besar dari mereka berstatus pemain muda, seperti Raheem Sterling (23), Leroy Sane (21), Bernardo Silva (23), Benjamin Mendy (23), kiper Ederson (24), Tosin Adarabioyo (20), Oleksandr Zinchenko (21), Brahim Díaz (18) dan gelandang Phil Foden (17).

Pep Guardiola juga berhasil membentuk beberapa pemain yang tampil menonjol di tim cadangan Manchester City. Beberapa di antara mereka antara lain striker Lukas Nmecha (19), gelandang Divine Naah (21), Aaron Nemane (20), Kean Bryan (21), bek tengah Cameron Humphreys (19) dan Tom Dele-Bashiru (18).

Selain dua tim tersebut, MEN menganggap Pep Guardiola sudah membentuk tim akademi sepak bola (U-18) yang kompetitif. Di bawah arahan Lee Carsley, beberapa nama sudah muncul seperti Nathaniel Ogbeta, Eric García, Iker Pozo la Rosa dan Henri Ogunby.

Sumber: MEN, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Tubuh Nenek 62 Tahun Penuh Tato Jose Mourinho