Sukses

Persija Enggan Bidik Gelar Juara Suramadu Cup

Persija ingin Suramadu Cup menjadi ajang evaluasi.

Liputan6.com, Jakarta - Suramadu Super Cup 2017 akan menjadi turnamen pramusim perdana Persija Jakarta. Dalam ajang yang diikuti empat tim tersebut, pelatih Stefano 'Teco' Cugurra enggan menargetkan gelar juara.

Pada Suramadu Cup 2017 yang dihelat 8-10 Januari, Persija akan bersaing dengan tuan rumah Madura United, Persela Lamongan, dan klub Malaysia, Kedah FA. Rencananya ajang tersebut akan dihelat di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Sebelum melakoni turnamen itu, Persija sendiri sudah melakoni dua laga uji coba. Mereka menghajar Mutiara Cempaka Utama 8-0 dan Persika Karawang 3-1. Menurut Teco, turnamen Suramadu Cup juga tak berbeda dengan uji coba biasanya.

Itu mengapa pelatih asal Brasil tersebut tak mau muluk-muluk soal target Persija di Suramadu Cup. Baginya, kemenangan atau gelar juara bukan sebuah hal yang penting untuk tim Macan Kemayoran.

"Tak ada target untuk menjadu juara. Target kami adalah memasang semua pemain yang ada. Bisa pasang pemain U-23 yang kita sedang seleksi, bisa untuk pasang pemain U-19 yang dari tim junior Persija dan sudah ikut latihan. Target kami pasang semua pemain," kata Teco usai sesi latihan di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (4/1/2017).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco memberikan arahan jelang latihan di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ya, sebelumnya Teco memang sudah mengungkapkan bahwa Suramadu Cup akan menjadi ajang percobaan untuk para pemain anyar. Maklum, cukup banyak pemain baru yang direkrut Persija usai Liga 1 2017 terakhir.

Artinya, mereka butuh sebuah pertandingan uji coba agar para pemain anyar bisa segera menyatu dan beradaptasi dengan gaya bermain Persija. Setelah itu, tim pelatih pun bisa melakukan evaluasi.

"Ini seperti uji coba saja bagi kami. Buat pemain baru bisa untuk adaptasi. Buat pemain baru bisa adaptasi sama tim ini. Lalu kita pasti setiap pertandingan bisa evaluasi yang kurang mana yang bagus mana. Yang kurang harus dikoreksi, yang bagus kita harus tetap bagus," tegas Teco.

Di Suramadu Cup sendiri, lawan perdana Persija adalah tuan rumah Madura United pada 8 Januari. Setelah itu, secara berurutan mereka akan menghadapi Kedah FA dan Persela. Selain Suramadu, rencananya Persija juga akan mengikuti sebuah turnamen di Malaysia bertajuk Boost SportFix Super Cup 2018. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.