Miris, Persib Tidak Punya Tempat Latihan Sendiri

Oleh Kukuh Saokani pada 05 Jan 2018, 07:00 WIB
Diperbarui 05 Jan 2018, 07:00 WIB
Para pemain Persib Bandung berlatih di Lapangan UNY (Foto: Switzy Sabandar/Liputan6.com)

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung tak bisa dimungkiri menjadi salah satu tim terbesar di Indonesia. Persib bahkan diklaim menjadi klub terkaya Tanah Air. Terbukti belasan sponsor mejeng di jersey tim berjuluk Maung Bandung setiap musimnya.

Selain itu, Persib termasuk tim tertua yang ada di Indonesia dengan raihan prestasi mentereng. Bahkan untuk pendukung, jumlah bobotoh, sebutan pendukung Persib bisa disejajarkan dengan suporter tim besar Eropa.

Namun untuk urusan fasilitas, Persib jauh tertinggal. Hingga saat ini, mereka belum memiliki tempat latihan sendiri dan harus "nebeng" menggunakan fasilitas pemerintah atau aparat.

Jika tidak menggunakan lapangan Seskoad, tim asuhan Roberto Carlos Mario Gomez kerap memakai Lapangan Lodaya. Bahkan sesekali mereka melakukan latihan di Lapang Ciujung yang jauh dari standar tempat latihan sepak bola resmi.

Khusus Lapangan Lodaya, rumput lapangan yang menggunakan bahan sintetis membuat para pemain rentan terkena risiko cedera dan banyak dikeluhkan oleh pemain Persib sejak musim lalu.

2 dari 3 halaman

Keras dan Tak Rata

Airlangga Sucipto kembali perkuat Persib Bandung. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

"Bisa kita berkaca pada musim lalu yah yang kita jadikan Lodaya sebagai home base latihan kita. Memang pemain banyak mengeluh, tapi kita enggak punya pilihan. Rumputnya keras dan gerinjul."

"Efeknya ketika kita coba dari rumput sintetis ke lapangan normal misalnya, kita latihan hari ini di Lodaya terus besoknya di Sesko atau Siliwangi, ada poin yang mencederai pemain. Dari bantalan dan dari lutut betis di sini dan itu cukup mengganggu. Kenapa pakai Lodaya? Karena kita gak punya pilihan," kata pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya.

Saat ini, untuk menyiasati masalah tersebut, staf pelatih telah menyiapkan program, termasuk pemusatan latihan di Yogyakarta beberapa waktu lalu sebagai antisipasi kendala lapangan.

"Coach (Roberto Carlos Mario Gomez) ingin kita tetap prioritas latihan di rumput normal. Kenapa akhirnya saya bilang tadi tujuan ke Yogya itu buat ningkatin kondisi fisik. Tapi kita diuntungkan dengan fasilitas di sana seperti lapangan. Selain itu juga ningkatin kerja sama dan kekompakan. Ke depan sudah ada program lainnya," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

TC di Batam

Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez (Kukuh Saokani)

Persib Bandung sangat serius menatap perhelatan Piala Presiden 2018 yang bakal digelar pertengahan Januari ini. Sebagai persiapan, tim asuhan Roberto Carlos Mario Gomez akan kembali menggelar pemusatan latihan.

Batam dipilih menjadi kota kedua setelah Yogyakarta. Berbeda dibandingkan pemusatan latihan sebelumnya, kini Febri Hariyadi akan menjalani serangkaian laga uji coba. Rencananya Persib akan berada di Batam selama empat hari atau sejak 9 hingga 12 Januari 2018.

Lanjutkan Membaca ↓