Ikut Tarkam, Evan Dimas Jaga Fisik Jelang Gabung Selangor FA

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 04 Jan 2018, 11:15 WIB
Diperbarui 06 Jan 2018, 11:13 WIB
Evan Dimas

Liputan6.com, Selangor - Usai kesepakatan antara Presiden klub Selangor FA, Dato Sri Subahan dengan Ketua Umum PSSI, Edi Rahmayadi, Rabu (3/1/2018), media Malaysia, New Straits Times, menyebut Evan Dimas dan Ilham Udin bakal bergabung ke Selangor FA pada Jumat (5/1/2017).

Raksasa Merah, sebutan Selangor FA, akhirnya memahami agenda PSSI yang bakal melakukan pemusatan latihan jangka panjang untuk mempersiapkan Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018. Selangor FA tak akan menghalangi langkah Evan Dimas dan Ilham Udin bila mendapat pangglan dari pelatih Timnas Indonesia, Ilham Udin.

"Selangor FA akan mengikuti arahan dari Ketua Umum PSSI terkait penyesuaian jadwal dan durasi pelepasan pemain yang nantinya akan ditetapkan PSSI. Saya berterima kasih atas sambutan dan jamuan terhadap kunjungan saya ini,” ucap Dato Sri Subahan Kamal seperti dikutip situs resmi PSSI.

Sebelumnya, Selangor FA memang sempat khawatir mengenai transfer Evan Dimas dan Ilham Udin. Keduanya sudah mengikat kontrak berdurasi selama setahun bersama Raksasa Merah.

PSSI sempat tak mengizinkan transfer tersebut berhubungan dengan tim nasional Indonesia. PSSI khawatir, bergabungnya Evan dan Ilham ke Selangor FA bakal menghambat pemanggilan keduanya ke timnas Indonesia. Padahal, timnas sedang dalam persiapan menuju Asian Games 2018.

2 dari 3 halaman

Evan Dimas Ikut Tarkam

Selangor FA sudah mulai berlatih sejak awal pekan ini, di Bukit Jalil, Malaysia. Pelatih Raksasa Merah, P. Maniam terus menunggu dua pemain yang musim lalu mengantarkan Bhayangkara FC menjadi juara Liga 1 2017.

"Evan dan Ilham akan bergabung dalam beberapa hari lagi," ucapnya, dikutip dari Stadium Asto.

Sementara itu, Evan Dimas tetap menjaga kebugaran fisiknya, meski belum bergabung dengan Selangor FA. Gelandang berusia 23 tahun itu sempat tampil di turnamen kampung (tarkam), pekan lalu, di Surabaya.

"Saya senang beraksi bersama teman sekampung. Dengan tampil di turnamen ini, saya bisa memastikan kebugaran saya semakin baik sebelum mengikuti sesi latihan bersama Selangor FA," kata Evan Dimas kepada Utusan.

3 dari 3 halaman

Dipantau AFC

Sebelum pertemuan antara pihak Selangor FA dengan PSSI, Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) sempat berkomentar soal transfer Evan dan Ilham ke Selangor. Lewat sekjennya, Datuk Windsor Paul John, AFC berniat memeriksa PSSI terkait pelarangan Evan dan Ilham untuk bermain di Malaysia.

Berdasarkan kabar yang beredar, aksi (pelarangan) tersebut lebih kepada pemain Indonesia untuk memperkuat tim nasional mereka. "Saya pikir itu tergantung kepada sang pemain untuk memutuskan. Namun, tidak ada tindakan yang bisa dilakukan saat ini karena baru diajukan," ujar Datuk Windsor Paul John seperti dilansir Berita Harian.

"Jika regulasi tersebut sedang diatur (oleh PSSI), AFC harus terlebih dulu melihat apa arti dari regulasi tersebut dan jika terbukti melanggar peraturan FIFA dan AFC, kami dapat memulai penyelidikan karena pemain bebas untuk bermain di klub mana pun dan di negara mana pun," lanjutnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat