Sukses

5 Calon Suksesor Philippe Coutinho di Liverpool

Kelima pemain ini dinilai memiliki potensi untuk menyamai Coutinho di Liverpool.

Liputan6.com, Liverpool - Meski masih berstatus pemain Liverpool, hampir pasti Philippe Coutinho akan segera berlabuh ke Barcelona. Apalagi baru saja terjadi sebuah blunder yang dilakukan sponsor terkait pengumuman kepindahan Coutinho ke Barcelona.

Tentu kehilangan pemain sekaliber Coutinho akan menjadi pukulan telak bagi Liverpool. Artinya, mereka harus segera mencari pengganti yang sepedan, minimal mampu mendekati kemampuan Coutinho.

Sejak datang dari Inter Milan pada Januari 2012, sudah banyak kontribusi yang diberikan pemain asal Brasil itu. Ia menyumbang 54 gol dan 46 assist dari 201 laga. Lalu, siapa pemain yang mampu menggantikan perannya?

Dilansir Sportskeeda, setidaknya ada beberapa pemain yang layak direkrut Liverpool untuk menggantikan Coutinho. Berikut adalah daftar kelima pemain tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Thomas Lemar

Bintang Monaco, Thomas Lemar dikabarkan tengah diincar Arsenal pada bursa transfer januari 2018. Arsenal tidak sendirian karena Liverpool dan Chelsea ikut meramaikan perburuan tanda tangan gelandang Prancis tersebut. (AFP/Romain Lafabregue)

Thomas Lemar memang sempat dikabarkan bakal berkostum Liverpool musim panas lalu. Namun, The Reds gagal mendapatkan tanda tangannya beberapa jam terakhir jendela transfer. Posisi yang diinginkannya berada di sayap kiri, tapi dia juga bisa bermain dalam peran lini tengah yang menyerang, mirip dengan Coutinho.

Dia menjadi sorotan musim lalu bersama tim muda AS Mocano, saat mengejutkan dengan melaju ke semifinal Liga Champions dan mengalahkan Paris Saint-Germain dalam perebutan gelar Ligue 1. Di musim 2016/17, Lemar mencetak 14 gol dan mengantongi 17 assist dalam 55 pertandingan.

Musim ini ia telah mengumpulkan 2 gol dan 4 assist dalam 18 pertandingan. Lemar adalah pemain yang memiliki banyak potensi dan di klub yang menyerang seperti Liverpool, ia bisa berkembang menjadi pemain yang istimewa.

3 dari 6 halaman

4. Julian Draxler

Julian Draxler (AFP/Jeff Pachoud)

Masih dari Ligue 1, Julian Draxler adalah pemain lain yang dikaitkan dengan Liverpool selama musim panas lalu karena kurangnya waktu permainan di Paris Saint-Germain. Dia biasa memainkan peran yang lebih sentral, namun juga acap kali dimainkan di kedua sayap.

Meski sedikit lebih tua dari Lemar, yakni usia 24 tahun, Draxler memiliki talenta dalam jumlah besar sebagai playmaker. Dia telah merekrut 3 gol dan 5 assist dari 23 pertandingan musim ini. Jauh lebih mengesankan, raihan itu didapat hanya dalam lima kali tampil 90 menit penuh.

Draxler sebelumnya telah menyatakan kegundahannya acap jadi yang kedua. Seandainya dia masih merasakan hal yang sama, pindah ke Anfield bisa menjadi pilihan yang baik.

 

4 dari 6 halaman

3. Max Meyer

Max Meyer telah menunjukkan potensinya di Bundesliga dan tim nasional. Dia adalah bagian dari skuat Jerman U-21 yang memenangkan Euro U-21 2017.

Masih berusia 22 tahun, Meyer telah membuat empat penampilan untuk tim nasional senior dengan mencetak 1 gol. Dia hanya mencetak gol dan membantu sekali setiap musim ini untk Schalke.

Akan tetapi, penyebabnya karena dia sering dikerahkan sebagai gelandang bertahan, bukan posisi gelandang serang yang disukai. Seperti Coutinho, saat pertama kali datang ke Anfield, Meyer adalah pemain muda dengan sekilas bakat yang bisa menjadi sesuatu yang istimewa.

 

5 dari 6 halaman

2. Manuel Lanzini

Bek Manchester City, Nicolas Otamendi, menjaga bola dari gelandang West Ham, Manuel Lanzini, pada laga Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Minggu (3/11/2017). City menang 2-1 atas West ham. (AFP/Oli Scarff)

Manuel Lanzini adalah salah satu target yang lebih mungkin, karena terbukti di Liga Inggris. Gelandang serang berusia 24 tahun itu telah menghabiskan dua setengah musim di West Ham dan merupakan ujung tombak kreatifnya.

Musim ini, dia telah mencetak 1 gol dan 7 assist dari 15 penampilan. Meski bermain di tim papan tengah Lanzini selalu memberikan 100 persen penampilannya.

Dia bisa menjadi alternatif masuk akal bagi Liverpool. Karena pengalamannya di Premier League, dia mungkin memiliki keunggulan atas pemain lain dalam daftar ini.

 

6 dari 6 halaman

1. Dani Ceballos

Gelandang Real Madrid, Dani Ceballos (AFP/Alvari Barrientos)

Dani Ceballos yang merupakan salah satu prospek sepak bola dunia yang paling cemerlang. Dia dianugerahi Pemain Terbaik di Euro U-21 lalu kala membawa Spanyol meraih posisi runner-up.

Bakatnya berhasil membawa dia pindah ke Real Madrid musim panas lalu. Namun setelah hijrah, ia hanya tampil dalam 13 pertandingan untuk klub tersebut, bermain hanya 457 menit.

Seorang pemain dengan potensinya akan mencari peran yang lebih konsisten. Klopp dikabarkan telah menaruh minat pada pemain 21 tahun tersebut untuk menggantikan Coutinho.

Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.