Sukses

Kembali Gagal Menang, AS Roma Kian Tertinggal

AS Roma gagal meraup poin penuh saat menjamu Sassuolo.

Liputan6.com, Roma - AS Roma kembali gagal meraih hasil positif. Menjamu Sassuolo pada pekan ke-19 Serie A 2017/2018 di Stadio Olimpico, Sabtu (30/12/2017), Roma malah ditahan 1-1 meski sempat unggul lebih dulu.

Akibat hasil itu, AS Roma pun kembali gagal mendekati Napoli dan Juventus yang bersaing di papan atas klasemen. Dengan koleksi 39 poin, Roma kini terpaut sembilan poin dari Napoli di puncak klasemen.

Menjamu Sassuolo, Roma membawa kekecewaan yang cukup besar. Itu karena mereka baru saja dipastikan gagal melaju ke semifinal Coppa Italia akibat takluk 1-2 dari Torino. Setelah itu, mereka juga dibungkam Juventus 1-0.

Kekalahan dari Juventus yang membuat Giallorossi gagal menggusur Inter Milan dari urutan ketiga klasemen. Karenanya, mereka pun tetap menurunkan kekuatan penuh meski hanya melawan tim sekelas Sassuolo.

Di babak pertama, pertarungan kedua tim terlihat cukup seimbang. Roma memang unggul dalam penguasaan bola. Tapi, efektivitas menjadi milik Sassuolo. Buktinya, mereka mampu melepaskan enam tendangan ke gawang di babak pertama.

Salah satu shot on goal dilepaskan Matteo Politano di menit kesembilan. Untungnya, kiper Roma, Alisson Ramses masih bisa menyelamatkan gawangnya. Tak sampai semenit kemudian, Politano kembali membuat Alisson kerepotan.

Anehnya, justru AS Roma yang memecahkan kebuntuan di menit ke-31. Menerima umpan Edin Dzeko, Lorenzo Pellegrini melepaskan tembakan kaki kiri dari tengah kotak penalti yang tak bisa dihadang kiper Sassuolo, Andrea Consigli.

Enam menit kemudian, tim tamu nyaris menyamakan skor. Sayang, percobaan lewat Antonio Ragusa yang melakukan tendangan kaki kiri usai memaksimalkan umpan Politano masih bisa diselamatkan Alisson. Keunggulan 1-0 Roma pun bertahan hingga babak pertama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Selebrasi para pemain AS Roma usai Lorenzo Pellegrini menjebol gawang Sassuolo. (Vincenzo PINTO / AFP)

Meski unggul, pelatih Roma, Eusebio Di Francesco tetap melakukan perubahan di awal babak kedua. Ia memasukkan Juan Jesus di menit ke-46 dan Stephan El Shaarawy ke-49. Tujuannya tentu agar Roma bisa lepas dari tekanan Sassuolo.

Radja Nainggolan sempat mendapatkan dua peluang yang gagal dimaksimalkan. Pertama di menit ke-51 ketika upayanya masih meleset ke sisi kiri. Lima menit kemudian, ia kembali gagal setelah tendangannya diamankan Consigli.

Sassuolo juga tak mau kalah. Mereka masih unggul soal efektivitas atas Roma. Di menit ke-63, mereka pun sempat mendapatkan peluang lewat Alfred Duncan. Memanfaatkan umpan Diego Falcinelli, sayang sepakan Duncan masih bisa diblok.

Upaya keras Sassuolo akhirnya membuahkan hasil di menit ke-78. Berawal dari umpan silang Federico Peluso, Simone Missiroli sukses memanfaatkannya dengan sundulan. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Gol Missiroli pun menjadi yang terakhir tercipta di laga tersebut. Pasalnya, tak ada gol tambahan lagi hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan bubar.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Roma: Alisson; Kolarov, Fazio, Manolas (Jesus 46), De Rossi, Nainggolan, Florenzi, Pellegrini (Under 81), Dzeko, Perotti, Schick (El Shaarawy 49)

Sassuolo: Consigli; Cannavaro, Peluso, Acerbi, Lirola, Missiroli, Magnanelli, Duncan (Mazzitelli 72), Ragusa (Matri 59), Falcinelli, Politano (Cassata 88)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.