Sukses

Tak Hanya MotoGP, Crutchlow Sebut Marquez Terbaik di Planet

Crutchlow yakin tak ada pembalap di MotoGP saat ini yang memiliki kemampuan seperti Marquez.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam lima musim terakhir, Marc Marquez sudah berulang kali membuktikan bahwa ia adalah pembalap terbaik di MotoGP. Dominasinya begitu sulit dihentikan. Cal Crutchlow pun tak sungkan mengakuinya.

Bagi Marquez, persaingan sesulit apa pun, seperti yang terjadi pada MotoGP 2017, mampu dilewatinya. Meski mendapat tekanan dari Andrea Dovizioso hingga seri terakhir, The Baby Alien tetap sukses mengamankan gelar juara dunia.

Padahal, ada satu momen pada balapan seri terakhir (MotoGP Valencia) di mana Marquez nyaris terjatuh. Jika pembalap Repsol Honda itu benar-benar terjatuh dan Dovi merebut kemenangan, takhta juara dunia akan lepas dari genggamannya.

Namun, Marquez memperlihatkan sebuah gerakan yang akan sulit dilakukan para pembalap lain. Meski sebagian motornya sudah menyentuh aspal, ia tetap mampu bangkit dan melanjutkan balapan. Hal itu yang membuat Crutchlow, pembalap LCR Honda, begitu terkesan.

"Marc meraih gelar. Ia membalap seperti biasa. Marc adalah pembalap terbaik di planet ini. Tak ada pembalap lain yang bisa menghindari kejatuhan sepertinya. Apa yang ia lakukan di motor itu fenomenal," kata Crutchlow, dilansir Speedweek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juara Sejati

Aksi Marquez bakal kembali ditunggu di MotoGP 2018 (FIM)

Bagi Marquez, itu adalah gelar juara dunia MotoGP keempat dan keenam di semua kelas. Sukses itu didapat dalam waktu yang terbilang singkat, yakni lima musim berkarier di kelas MotoGP. Sedangkan di Grand Prix sendiri ia sudah berkarier sejak 2008.

Karenanya, banyak yang memprediksi dominasi pembalap 24 tahun itu bakal kembali terlihat pada MotoGP 2018. Apalagi, ia masih akan bersama Honda dan menunggangi motor RC213V.

"Ia adalah juara hebat. Tak ada keraguan soal itu. Ia pembalap yang aneh, dalam arti yang bagus. Semua orang membicarakan alien. Hanya ada satu alien. Yang lain adalah manusia. Tak ada orang lain yang bisa melakukan apa yang ia lakukan," tegas Crutchlow.

 

3 dari 3 halaman

Marquez dan Statistik di Semua Kelas

125cc: 46 balapan, 10 menang, 14 podium, 14 pole, 9 fastest lap, 467 poin

Juara: 2010

Moto2: 32 balapan, 16 menang, 25 podium, 14 pole, 7 fastest lap, 579 poin

Juara: 2012

MotoGP: 90 balapan, 35 menang, 63 podium, 45 pole, 37 fastest lap, 1.534 poin

Juara: 2013, 2014, 2016, 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.